You are here
Budidaya Ikan Bawal Perikanan 

Panduan Sukses Budidaya Ikan Bawal Dengan Panen Yang Melimpah

Pak-Tani.com – Ikan bawal kini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang yang banyak di gemari masyarakat karena selain menghadirkan cita rasa yang lezat, ikan ini juga memiliki banyak kandungan kesehatan yang baik untuk manusia dan sebab itulah permintaan akan persediaan ikan bawal dipasaran semakin meningkat dengan pesat dimana tingkat pertumbuhan permintaan pasar yang besar tidak diikuti stok yang mencukupi yang mana para pelaku budidaya ikan bawal masih tergolong masih sedikit yang menjadi alasan tepat mengapa anda wajib melirik budidaya ikan bawal.
Budidaya Ikan BawalMengapa memilih budidaya ikan bawal dan bukan jenis ikan lainnya yang lebih populer ? Ikan bawal selain pelaku budidayanya yang masih rendah dan tidak sebanyak pelaku budidaya ikan air tawar populer lainnya, ikan bawal juga termasuk budidaya ikan air tawar yang mudah dalam perawatannya, serta memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dari beberapa jenis ikan tawar lainnya, serta rasa dagingnya yang banyak disukai masyarakat yang tidak kalah dengan jenis ikan tawar yang lebih populer. Bagi anda yang berminat menekuni usaha budidaya ikan bawal , berikut kami berikan panduan budidaya ikan bawal agar panen anda sukses dengan keuntungan yang melimpah.

Budidaya ikan bawal merupakan peluang usaha yang sangat lah menjanjikan ,  seiring banyak nya permintaan yang ada di pasar mau pun permintaan pada pelanggan restauran. Sehingga membuat para peternak ikan bawal semakin meningkat  , karena ikan bawal ini adalah ikan air tawar yang sangat lah unggul dan banyak manfaatnya .

PERSIAPAN KOLAM BUDIDAYA IKAN BAWAL
Untuk kolam budidaya ikan bawal, hal yang pertama dilakukan adalah menyediakan makanan alami dan organik ikan bawal pada dasar kolam dengan jumlah banyak sehingga menyerupai habitat asli ikan bawal, tetapi sebelum membuat makanan alami ikan bawal di kolam, maka pastikan tanah yang stabil serta memastikan kolam telah bersih dari hama dan bakteri dengan mengeringkan kolam terlebih dahulu, dan diberi kapur dolomit dengan takaran dosis 25 hingga 100 kg persegi.

Setelah pemberian kapur dolomit, tiba saat untuk pemupukan pada kolam untuk menjadi bahan makanan alami untuk ikan bawal dengan cara pemberian pupuk kandang dengan takaran 25 hingga 50 kg / 100 m2 pada dasar kolam dan diisi air hingga ketinggian sekitar 2-3 cm lalu dibiarkan dan diamkan selama 2 hingga 3 hari, kemudian air demi sedikit ditambahkan hingga air menjadi berwarna hijau terang untuk bibit ikan siap dimasukkan dimana berarti kolam tersebut telah siap dengan bahan organik mereka.

PEMILIHAN BIBIT UNTUK BUDIDAYA IKAN BAWAL
Pilihlah bibit ikan bawal yang baik dan unggul yang akan mempengaruhi tingkat keberhasilan budidaya ikan bawal anda.

PENEBARAN BIBIT UNTUK BUDIDAYA IKAN BAWAL
Setelah bibit yang baik telah anda dapatkan, anda harus terlebih dahulu mengenalkan proses adaptasi pada bibit ikan bawal agar tidak stress dengan prubahan yang mendadak pada kolam, adapun caranya adalah menaruh bibit ikan bawal didalam plastik tertutup dan masukkan ke dalam kolam hingga plastik mengembung yang berarti suhu dan plastik dan kolam telah sama , kemudian silahkan masukkan air dari kolam budidaya ke dalam plastik bibit ikan bawal, dan setelah 30 menit baru turunkan bibit ikan bawal ke dalam kolam budidaya.

PERAWATAN IKAN BAWAL
Berbicara mengenai perawatan tentu tidak jauh dengan pemberian pakan yang baik dan teratr agar ikan bawal dapat berkembang pesat. Selain teratur dan rutin, pastikan pakan yang berikan memiliki kandungan serta gizi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Untuk pakan ikan, anda juga dapat memberikan kombinasi pakan seperti lelet dan dedaunan sebab ikan bawal juga termasuk ikan omnivora .

PANEN IKAN BAWAL
Masa panen ikan bawal dapat dicapai setelah budidaya berusia 4 hingga 6 bulan, atau bobot ikan bawal telah mencapai 500 gram/ekor yang siap dijual.

Cukup mudah bukan ? sekian informasi kami mengenai Panduan Sukses Budidaya Ikan Bawal Dengan Panen Yang Melimpah, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Baca juga ulasan kami lainnya mengenai Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses

Related posts

Leave a Comment