You are here
Budidaya Kacang Tanah Pertanian 

Panduan Sukses Budidaya Kacang Tanah Dengan Panen Melimpah

Pak-Tani.com Para pelaku budidaya kacang tanah atau orang yang bertanam kacang tanah sebagai usaha tentu sudah tidak asing bagi anda, dimana kacang tanah merupakan komoditi yang paling banyak dibudidayakan selain jagung, padi, serta kacang kedelai. Banyaknya pelaku budidaya kacang tanah tidak terlepas dari besarnya kebutuhan masyarakat akan pasokan kacang tanah, dimana kacang tanah merupakan salah satu jenis komoditi pertanian yang sangat banyak digemari dan biasa diolah menjadi berbagai aneka macam kuliner.
Budidaya Kacang TanahNamun dalam berbudidaya kacang tanah, diperlukan cara dan panduan yang baik dan benar agar panen dapat maksimal dan memberikan keuntungan bagi anda sebagai pelaku usaha budidaya, untuk itu bagi anda yang berminat terjun ke usaha budidaya ini, sebaiknya mengetahui mengenai panduan dan cara dasar mengenai budidaya kacang tanah sehingga nantinya kacang tanah anda dapat bertumbuh kembang dengan baik dengan hasil melimpah. Berikut kami berikan Panduan Sukses Budidaya Kacang Tanah Dengan Panen Melimpah sebagai berikut :

Pemilihan benih kacang tanah
Pemilihan benih kacang kacang yang unggul merupakan hal penting dalam kesuksesan panen anda nantinya. Untuk mendapatkan benih yang unggul pilihlah benih yang telah berumur sekitar 100 hari , dimana warna benih menjadi kehitaman. Lakukan penyortiran benih unggul dan jemur sekitar 4 hingga 5 hari, dan jangan membuka cangkang benih kecuali ketika akan ditanam.

Lahan budidaya Kacang Tanah
Untuk menyiapkan lahan yang baik untuk budidaya, anda perlu menggemburkan tanah terlebih dahulu dan diratakan kembali kemudian tambahkan kapur dengan takaran 2 ton per hektar lahan yang anda gunakan dan dicampurkan dengan rata dan didiamkan sekitar 2 hari.Untuk pupuk, anda dapat menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang untuk menyuburkan tanah dan dicampurkan dengan rata pada lahan yang telah anda sediakan. Pastikan juga lahan anda memiliki bedengan untuk mencegah apabila lahan anda tergenang air dan membuat mati tanaman kacang tanah anda.

Penebaran Benih Kacang Tanah
Untuk penaman benih, anda dapat menanam benih dengan jarak tanam 15×15 cm, dimana setiap lubang yang anda buat diisi dengan 1 butir benih saja dan kemudian didiamkan sekitar 5 hingga 1 mingguan hingga kacang tanah mulai tumbuh serempak.

Perawatan Benih Kacang Tanah
Untuk perawatan diperlukan pengawasan anda secara rutin dengan memperhatikan dan mencabut rumput-rumput yang biasa tumbuh disekitar tanaman kacang tanah yang dapat mengganggu pertumbuhan kacang tanah dengan mencabutnya. Perhatikan juga berbagai jenis hama yang dapat menyerang tanaman anda dan membuat anda gagal panen nantinya dimana anda dapat menghindari hal tersebut dengan rutin membersihkan gulma, penyiangan intensif, sanitasi lingkungan yang baik dan juga dapat menggunakan pestisida organik.

Panen Kacang Tanah
Untuk masa panen kacang tanah dicapai pada usia 3 bulan sejak masa penanaman benih, dimana ciri-cirinya dapat dilihat dari batang tanaman yang mengeras, daun tanaman yang berguguran dan menguning.

Sekian informasi kami mengenai Panduan Sukses Budidaya Kacang Tanah Dengan Panen Melimpah, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang berminat menggeluti usaha budidaya kacang tanah yang menggiurkan ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Mudah Budidaya Cabe Merah Yang Sukses

Related posts

Leave a Comment