You are here
Budidaya Lobster Air Tawar Perikanan 

Panduan Sukses Budidaya Lobster Air Tawar

Pak-Tani.com Lobster tentu telah kita kenal sebagai salah satu menu hidangan seafood yang sangat lezat dan gurih dan menyerupai udang besar, oleh karena kelezatannya tersebut, maka untuk dapat mencicipi lobster, biasanya kita harus merogoh kocek yang cukup dalam apalagi bila anda menikmati hidangan lobster di sebuah restoran mewah. Tapi tahukah anda bahwa lobster dapat hidup dan dibudidayakan pada air tawar ? Yup, dan bahkan budidaya lobster air tawar menjadi sebuah usaha yang menggiurkan dan potensial mengingat banyak dan mahalnya sebuah lobster sedangkan untuk budidayanya pun sebenarnya cukup mudah dan hanya membutuhkan modal yang minim.
Budidaya Lobster Air TawarUntuk budidaya lobster sekarang tidak lagi mengandalkan hasil tangkapan di laut yang kerap kali pasokan dari penangkapan manual tidak mampu memenuhi permintaan pasar sehingga membuat harga lobster melambung tinggi. Kini budidaya lobster dapat dilakukan pada kolam terpal hingga tanah tetapi tentunya membutuhkan pengatahuan dasar dan perawatan yang ekstra agar budidaya lobster menguntungkan dan bukan merugi, nah untuk itu kali ini kami akan memberikan Panduan Sukses Budidaya Lobster Air Tawar yang dapat anda simak sebagai berikut :

Habitat Lobster
Hal yang paling penting dalam budidaya lobster tentu menyiapkan kolam terpal, tanah, atau akuarium anda sebaiknya-baiknya yang akan menjadi habitat dan tempat hidup lobster anda nantinya. Anda juga harus mendiamkan terlebih dahulu air yang anda isikan di kolam selama sekitar seminggu, agar menjaga air tetap bersih dan terpisah kaporit dan kotoran serta bau tanah.

Pemilihan Bibit Lobster
Setelah lahan siap, untuk pembibitan lobster anda dapat mengawinkan lobster jantan dan betina yang dapat anda bedakan dari warna capit lobster tersebut, adapun untuk saran pemilihan bibit lobster terbaik anda sebaiknya memilih indukan lobster yang berukuran sekitar 1-2 inch untuk dimasukkan pada kolam khusus indukan atau pembesaran, dimana untuk kolam khusus ini anda dapat memasang kincir agar gelembung udara lancar dan indukan lobster merasa nyaman untuk segera kawin.

Pemberian Pakan Lobster
Nah untuk yang terakhir, penting untuk anda memperhatikan pemberian pakan lobster anda, sebab lobster dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki sifat kanibal yakni memakan temannya sendiri ketika pasokan makanan yang mereka dapatkan kurang. Nah, untuk menghindari hal tersebut maka perhatikanlah pasokan pakan lobster dengan rutin untuk menghindari kanibalisme lobster yakni 2 kali sehari pada pagi dan sore hari dengan cara memberi pakan sesuai dengan kebutuhan dan bobot lobster anda. Dan yang perlu anda ingat, bahwa lobster juga memiliki saat dimana lobster melakukan pergantian kulit dimana lobster membutuhkan asupan makanan yang berlebih, dan pada saat tersebut, biasanya ukuran lobster akan menjadi lebih besar.

Adapun untuk pakan lobster dapat berupa :
-Pellet
-Jagung basah diparut serta sayuran lain
-Plankton
=Ketela pohon diparut

Sekian informasi kami mengenai Panduan Sukses Budidaya Lobster Air Tawar yang dapat anda jadikan referensi bagi anda yang berminat terjun sebagai pelaku budidaya Budidaya Lobster Air Tawar. Terima kasih.

Baca juga informasi budidaya kami lainnya mengenai Mari Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan Dengan Panduan Lengkap

Related posts

Leave a Comment