You are here
Panduan Teknik Dan Cara Ternak Lele Secara Mudah Air Tawar 

Panduan Teknik Dan Cara Ternak Lele Secara Mudah

Budidaya ikan lele memang sudah banyak dilakukan orang, akan tetapi dengan melihat banyaknya permintaan dipasaran, maka tidak akan rugi ketika anda membudidayakan ikan lele. Ikan lele sangat mudah dibudidayakan mengingat makanan yang harus disediakan tidaklah sulit untuk dicari, serta perawatan untuk ternak lele juga tidak terlalu susah. Cara ternak lele akan meliputi dua tahap, tahap pertama yaitu tahap pembenihan dan selanjutnya tahap pembesaran.

Tahap Persiapan Ternak Lele

Tahap pertama dalam persiapan budidaya ikan lele adalah dengan menyiapkan kolam yang akan ditempati oleh ikan lele. Kolam sebaiknya dibuat terpisah antara kolam untuk bibit lele, dan juga kolam untuk lele yang sudah tanggung dan juga yang sudah berusia besar. Jenis kolam yang bisa anda pilih antara lain bisa terbuat dari terpal, kolam tanah, kolam semen dan keramba. Namun, kolam yang paling mudah dibuat adalah kolam terpal. Kolam dibuat dengan ukuran tinggi sekitar satu meter dan lebar sekitar lima meter. Kolam terpal sangat cocok untuk kolam pembibitan. Untuk kolam pembesaran sebaiknya anda buat permanen atau kolam semen.

Tahap Persiapan Ternak Lele - kolam lele

Jika anda ingin menggunakan kolam tanah dalam Cara ternak lele, anda harus melakukan beberapa tahapan, salah satunya penggalian. Penggalian dilakukan dengan mengukur panjang dan lebar tanah sesuai dengan ukuran kolam yang anda inginkan. Setelah penggalian sudah selesai, proses selanjutnya adalah proses pengeringan tanah selama kurang lebih empat hari tanpa diberi air. Setelah itu anda perlu menabur bubuk kapur guna mematikan mikroorganisme yang biasa hidup di tanah dan dapat mengganggu kelangsungan hidup lele. Setelah pengapuran, anda harus melakukan proses pemupukan tanah dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk urea. Pemupukan dalam langkah budidaya ikan lele ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton atau cacing sebagai makanan lele.

Setelah kolam selesai dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memilih bibit lele yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk budidaya yang bagus juga. Benih ikan lele bisa anda dapatkan dengan mudah dengan cara membeli pada toko atau pasar yang menyediakan bibit lele. Atau anda juga bisa mendapatkan lele dari alam atau sungai yang kemudian anda rawat dan anda budidayakan sendiri di kolam anda. Namun, jika anda mendapatkan benih di alam, anda akan mengalami kekurangan, karena jumlah lele yang berada di alam tidaklah terlalu banyak. Pemilihan bibit haruslah mengedepankan aspek kesehatan, benih yang sehat biasanya akan ditandai dengan gerakan ikan yang lincah, ukuran bibit seragam atau memiliki ukuran 5-8 cm.

Tahap Penebaran Benih dan Pembesaran Lele

Panduan Teknik Dan Cara Ternak Lele Secara Mudah

Penebaran benih dilakukan sesuai dengan ukuran kolam. anda diharapkan tidak terlalu memasukkan benih yang terlalu banyak ke dalam kolam, karena ditakutkan akan kelebihan kapasitas. Ukuran yang ideal untuk penebaran benih adalah setiap meter persegi benih yang bisa ditabur berkisar antara 400 ekor benih lele. Setelah benih ditebar, langkah selanjutnya adalah memberikan pakan yang sehat dan bergizi bagi lele. Pelet merupakan salah satu makanan yang biasa diberikan kepada lele. Pada tahap awal, makanan yang baru bisa diberikan kepada bibit-bibit lele yaitu pelet yang biasanya mengandung karbohidrat (15-20%), protein (minimal 30%), lemak (4-16%), vitamin dan mineral.

Demikianlah sekilas uraian mengenai Cara ternak lele yang bisa anda jadikan panduan di rumah. Untuk melakukan dan menentukan masa panen, anda perlu menunggu waktu hingga empat bulan setelah masa pembibitan dimulai.

 

Related posts

Leave a Comment