You are here
Peluang Usaha Budidaya Cabe Rawit Pertanian 

Peluang Usaha Budidaya Cabe Rawit Beserta Cara dan Panduannya

Pak-Tani.com – Siapa yang tidak mengenal cabe rawit ? apalagi jika anda para penggemar makanan atau kuliner pedas, maka cabe rawit pastinya akan menjadi “teman setia” untuk membuat kuliner masakan yang pedas. Cabe rawit seperti yang kita ketahui bersama telah menjadi salah satu bumbu dapur yang banyak masyarakat di Indonesia menjadikan komoditi pertanian yang wajib ada didapur mereka, baik itu para pecinta kuliner pedas maupun tidak. Kepopuleran cabe rawit di tanah air ditambah lagi dengan ragamnya makanan khas tradisional tiap-tiap daerah yang menggunakan cabe rawit sebagai salah satu bahan utama dalam menjadikan makanan tersebut menjadi pedas dan menjadi lebih nikmat dan “hot” untuk disantap.
Peluang Usaha Budidaya Cabe RawitMeneliti fenomena diatas, tentunya cabe rawit memiliki permintaan yang sangat banyak serta semakin meningkat tiap hari, dimana hal tersebut merupakan peluang usaha yang sangat baik bagi anda yang ingin menggeluti usaha budidaya cabe rawit. Adapun untuk budidaya cabe rawit pun sangat mudah dan membutuhkan modal yang minim sehingga cocok bagi anda yang ingin mencari peluang usaha budidaya, dan untuk membantu anda berikut kami bahas cara dan panduan budidaya cabe rawit yang dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin menggeluti budidaya pertanian ini yang akan kami paparkan seperti berikut ini.

Bibit Cabe rawit
Untuk bibit, anda dapat mendapatkan bibit cabe rawit dari biji cabe rawit yang sudah tua, maupun dapat dibeli dari toko-toko pertanian dimana anda juga dapat memilih berbagai jenis varietas bibit cabe rawit. Setelah bibit cabe rawit sudah anda siapkan, rendamlah terlebih dahulu bibit tersebut dengan air untuk mendeteksi bibit yang unggul dan bibit yang buruk yakni bibit yang mengapung diatas permukaan air merupakan bibit cabe yang buruk dan yang bibit yang tetap berada didasar air merupakan bibit yang unggul. Kemudian setelah disortir, keringkan bibit tersebut di bawah panas matahari hingga benar-benar kering.

Penebaran bibit
Sebelum penebaran bibit, anda terlebih dahulu menyiapkan lahan bedengan khusus yg sudah anda lengkapi dengan pupuk, dan setelah itu anda dapat memulai penebaran bibit yang dapat dilakukan secara acak, berbaris maupun berkelompok. Sesudah penebaran bibit, pastikan anda terus memantau perkembangan bibit tersebut dan menyuplai air yang cukup dan rutin dimana bibit cabe biasanya mulai menampakkan perkembangan setelah berusia 1 bulan.

Penanaman
Setelah umur bibit telah berusia sebulan, anda dapat mulai memindahkan bibit tersebut ke lahan yang lebih luas dan dapat dilakukan pada saat pagi hari atau sore hari yang bertujuan agar bibit cabe tersebut tidak layu saat dipindahkan dan ditanam kembali. sortirlah dan utamakan pemindahan bibit cabe yang memiliki kondisi terbaik dengan batang dan kondisi yang lebih sehat.

Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan cabe rawit dapat anda lakukan dengan rutin menyiramnya, pemberian pupuk secara berkala dan juga menyianginya agar tanaman cabe rawit anda tumbuh berkembang dengan baik untuk hasil yang maksimal.

Pengendalian Hama
Apabila tanaman cabe rawit anda terkena hama, anda dapat segera memisahkan tanaman yang terkena hama dan dikumpulkan lalu dibakar, adapun untuk pencegahan hama anda dapat menggunakan pestisida, fungisida, dan lainnya sesuai dengan hama yang menyerang tanaman cabe rawit anda.

Panen
Pada saat panen cabe rawit, pastikan anda memetik cabenya saja tanpa mematahkan atau merusak bunga tanaman cabe rawit, sebab bunga tersebut yang nantinya akan anda panen selanjutnya.

Sekian informasi kami mengenai Peluang Usaha Budidaya Cabe Rawit Beserta Cara dan Panduannya, yang patut anda coba bagi anda yang mencari peluang usaha budidaya di bidang pertanian yang menguntungkan dengan masa panen yang berlimpah dan berkelanjutan. Semoga bermanfaat dan berguna, terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Panduan Budidaya Bawang Merah Agar Panen Sukses dan Melimpah

Related posts

Leave a Comment