You are here
Budidaya Ikan Air Tawar Perikanan 

Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Untuk Keuntungan Maksimal

Pak-Tani.com – Berbicara mengenai potensi besar budidaya ikan untuk meraih keuntungan tentu tidak terlepas dari besarnya kebutuhan masyarakat pecinta ikan baik di Indonesia bahkan dunia dimana seperti di Indonesia sendiri, sebagian besar masyarakat Indonesia setidaknya mengkonsumsi ikan dalam sehari yang membuat usaha budidaya ikan sangat pantas untuk dilirik.
Budidaya Ikan Air Tawar Ikan yang dapat dikonsumsi sendiri terbagi menjadi 2 yakni ikan air tawar yang habitat aslinya seperti sungai, danau, serta ikan air laut yang habitat aslinya di laut, dimana kedua ikan jenis ini memiliki peminat yang seimbang dan sama banyaknya. Adapun untuk usaha budidaya, ikan air tawar termasuk lebih mudah dibudidayakan jika dibandingkan dengan ikan air laut karena ikan air tawar dapat dengan mudah dibudidayakan tanpa mengenal tempat dan batasan, tidak seperti ikan air laut yang harus membutuhkan air laut yang merupakan habitat aslinya untuk terus menopang kehidupan mereka.

Budidaya ikan air tawar, maka kita kembali membagi 2 jenis ikan air tawar untuk dibudidayakan yakni ikan hias dan ikan konsumsi, dimana juga terdapat sejenis ikan hias yang juga dapat dikonsumsi seperti ikan mas dan ikan sepat. Untuk peluang keuntungan budidaya kedua jenis ikan air tawar ini pun sama besarnya, dimana ikan hias diperuntukkan sebagai penghias ruangan dengan menggunakan akuarium, maupun di taman atau diteras yang mana pecinta ikan hias sangatlah banyak, sedangkan untuk ikan air tawar berjenis konsumsi, anda tidak perlu lagi ragu dengan kepopuleran ikan air tawar jenis konsumsi dimasyarakat seperti ikan mujair, ikan nila, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk budidaya ikan air tawar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan anda untuk meraih kentungan maksimal, seperti pemilihan jenis ikan budidaya yang sesuai dengan kemampuan anda, mengetahui seluk beluk mengenai ikan yang anda budidayakan, besar-kecilnya modal dimana semakin besar modal anda tentu peluang keuntungan pun semakin besar, dan terakhir pengalaman.

Potensi keuntungan budidaya ikan air tawar juga berbeda-beda tergantung jenis ikan air tawar yang anda budidayakan, dimana seperti jenis perawatan ikan yang sulit atau tergolong mudah, kecepatan pertumbuhan yang mempengaruhi masa panen yang cepat, tekstur daging dan rasa ikan, serta tingkat kepopuleran ikan air tawar di masyarakat, maka dari diperlukan sedikit riset dan mengenal dengan dini ikan air tawar yang akan anda budidayakan sebelum terjun menekuni usaha budidaya ikan yang anda inginkan. Adapun jenis-jenis ikan air tawar populer dimasyarakat yang dapat dibudidayakan yakni sebagai berikut :

1.Ikan Belut / Apodes
2.Ikan Sidat / Anguilla sp
3.Ikan Mujari / Tilapia mossabica
4.Ikan Nila / Tilapa nilotica L
5.Ikan Mas / Cyprinus carpio L
6.Ikan Gurami / Osphyronemus gouramy
7.Ikan Patin / Pangasius Pangasius
8.Ikan Bogo / Ohiocephalis gachua
9.Ikan Kutuk / Channa satriata
10.Ikan Gabus / Ophiocephalus Stariatus
11.Ikan Tawes / Puntius javanicus
12.Ikan Sepat Siem / Trichogastio pectoralis R
13.Ikan Toman / Ophiocephalus micropeltes
14.Ikan Lele /Clarias batrachus
15.Ikan Tambakan / Helostoma sp
Dsb

Sekian ulasan kami mengenai Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Untuk Keuntungan Maksimal yang semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang berminat terjun di usaha budidaya ikan air tawar baik sebagai usaha sampingan atau usaha utama. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Mari Budidaya Ikan Sidat Yang menguntungkan Lengkap dengan Cara dan Tips

Related posts

Leave a Comment