You are here
cara Budidaya jamur Perkebunan 

Peluang Usaha Budidaya jamur Beserta Cara dan Tips Suksesnya

Pak-Tani.com – Konsumsi jamur yang semakin meningkat tajam dan pesat oleh masyarakat Indonesia menjadi sebuah peluang usaha yang sangat bagus bagi anda yang ingin melirik usaha budidaya komoditi jamur, hal tersebut tidak terlepas dari berbagai manfaat dan kandungan kesehatan jamur untuk kesehatan serta tekstur yang gurih dan empuk di lidah membuat jamur dapat diolah dan ditambahkan ke berbagai olahan makanan. Dengan semakin meningginya permintaan pasar akan pasokan jamur yang selama ini hanya mengandalkan pemetikan manual dari hasil alam membuat pasokan jamur tidak seimbang dengan tingginya permintaan, oleh sebab itu kini banyak masyarakat pelaku usaha melirik usaha budidaya jamur yang hanya membutuhkan modal kecil dan tingkat budidaya yang cukup mudah.
cara Budidaya jamurDengan semakin meningkatnya permintaan stok pasokan jamur, tentu budidaya jamur akan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya jamur ini, dan untuk itu kali ini kami akan membahas Peluang Usaha Budidaya jamur Beserta Cara dan Tips Suksesnya. Adapun tahapan sebelum anda memulai budidaya jamur yang patut anda lakukan adalah tentunya terlebih dahulu anda harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan mengenai budidaya jamur yang baik dan benar untuk budidaya jamur agar meraih kesuksesan yang dapat anda pelajari dari browsing, penyuluhan, hingga berbagai buku agar anda memiliki bekal dan modal ilmu awal mengenai budidaya jamur. Dan setelah ilmu sudah didapat maka siapkanlah persiapan awal budidaya jamur yakni :

a.Pembuatan rumah kumbung jamur
b.Mempersiapkan bibit jamur
c.Mempersiapkan baglog jamur atau media tanam jamur
d.Mempersiapkan sarana pembibitan seperti gelas ukur, tabung reaksi, autoklaf, erlenmeyer, meja pembiakan, pinset, alkohol 70%, botol bibit, pisau, incubator, dsb.
e.Sarana pemeliharaan dan untuk panen seperti pupuk, sprayer, hygrometer, thermometer, pisau, heater, blower, pH tester, hingga wadah panen jamur

Proses Pemeliharaan Budidaya Jamur
Tahap selanjutnya adalah, proses pemeliharaan budidaya jamur yang dapat dibagi menjadi 3 tahapan yakni :

a.Pengamatan dan pemantauan budidaya jamur secara rutin dan teratur untuk mengontrol suhu, kelembapan, serta perkembangan budidaya jamur.
b.Melakukan penyiraman teratur untuk menjaga suhu dan kelembapan tempat budidaya jamur atau kumbung jamur. Adapun penyiraman meliputi dinding, lantai, hingga ke media tanam jamur atau baglog jamur. Akan tetapi perhatikan pasokan air, sebab tiap jenis jamur membutuhkan pasokan dan metode penyemprotan air yang berbeda-beda.
c.Sterilisasi kumbung jamur dan alat budidaya jamur agar budidaya jamur tetap aman dari hama yang dapat mengganggu budidaya jamur anda.

Panen Jamur
Umur dan usia panen berkala jamur berbeda tergantung jenis jamur yang anda budidayakan, dimana untuk panen sebaiknya dilakukan ketika jamur sudah mengalami pertumbuhan maksimal seperti payung jamur dan berat yang telah sesuai, dan juga ketika panen, usahakan agar tidak ada akar yang anda tinggalkan karena dapat mengganggu pertumbuhan dan panen jamur anda selanjutnya.

Sekian informasi kami mengenai Peluang Usaha Budidaya jamur Beserta Cara dan Tips Suksesnya, jadi bagi anda yang berminat budidaya jamur mari segera action dan raih peluang kesuksesan dari budidaya jamur dengan cara yang baik dan benar agar anda terhindar dari kegagalan dan kerugian. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips dan Langkah Budidaya Jamur Merang Bagi Pemula

Related posts

Leave a Comment