You are here
cara menanam durian cepat berbuah Buah 

Pengen Menanam Durian di Kebun Sendiri? Begini Caranya Menanam Durian Dalam Pot

Tanaman buah dalam pot atau yang biasa disingkat tabulampot sangat populer saat ini. Tabulampot populer karena cara berkebun ini tidak memakan lahan yang luas. Kali ini kita akan membahas langkah langkah menanam durian dalam pot. Buah yang sangat populer dan banyak penggemarnya ini ternyata bisa di tanam di dalam pot. Bagaimana caranya? Yuk kita simak artikel berikut ini.

Bersamaan perkembangan jaman termasuk juga usaha tanaman buah dalam pot yang mulai tumbuh jadi beberapa orang yang menyebutkan arti budidaya durian dalam pot dengan sebutan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Memanglah, durian bukanlah type tanaman yang gampang ditanam pada media pot. Langkah menanam durian dalam pot memerlukan saat serta tenaga ekstra. Menanam durian yang baik sesungguhnya segera di media tanam segera pada tanah. Beberapa hal yang dapat mengakibatkan kegagalan menanam durian di media seperti itu. Cuma saja, durian masihlah dapat tumbuh di media tabulampot.

cara menanam durian cepat berbuah

Langkah menanam durian dalam pot tak segampang seperti di tanah segera. Umumnya, durian yang ditanam di pot bunganya susah untuk tumbuh optimal. Bahkan juga hingga jadi buah yang masak begitu susah. Seringkali buah cuma dapat bertahan sampai dewasa lantas rontok dengan sendirinya. Menanam durian yang baik memerlukan media tanam yang luas serta tak terbatas. Sebab, durian termasuk juga type tanaman yang berakar besar serta memanjang ke samping. Oleh karenanya, media pot kurang pas untuk durian.

Media pot yang mempunyai volume terbatas begitu membatasi perkembangan akar. Pada akhirnya, keperluan unsur hara untuk tanaman bakal tersendat. Nah, manfaat menangani hal semacam itu baiknya Anda mengakalinya dengan pemenuhan unsur hara yang sesuai sama keperluan dalam media pot itu. Langkah menanam durian dalam pot lebih memerlukan perawatan serta perhatian spesial. Begitu, tanaman dapat juga tumbuh seperti umumnya. Karenanya, menanam durian yang baik pada media pot harus juga pikirkan konsumsi nutrisi atau gizi untuk tanaman. Sebab, konsumsi nutrisi untuk tanaman dapat melindungi perkembangan tetaplah sempurna.

cara merawat pohon durian agar berbuah lebat

Yg tidak bisa dilupakan yaitu langkah menanam durian dalam pot membutuhkan media berbentuk pupuk kandang dan tanah liat dengan cara seimbang. Ya, bila memakai perbandingan yakni sekitaran 1 : 1. Berarti, keperluan tanah liat dengan pupuk sama. Sesudah di rasa cukup usia, durian siap dipindahkan ke tanah. Sebab, media pot cuma dapat dipakai saat tanaman kecil sampai beranjak dewasa. Lalu, durian mesti dipindahkan ke tanah yang terlebih dulu tanah mesti dilubangi. Ukuran lubang sesuai dengan ukuran polibag pada pot. Terlebih dulu, tanah di beri pupuk buatan sebagai penunjang kesuburan tanahnya. Pupuk yang umum dipakai yaitu pupuk fosfor berbentuk TSP dengan ukuran 2 sendok makan atau 20 gr.

Pupuk itu mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan perkembangan akar. Kemudian, taburkan furadan untuk meminimalkan timbulnya patogen pada tanah. Untuk ukurannya nyaris sama juga dengan pemberian pupuk fosfor diatas. Lalu, selesai tanaman dibenamkan kedalam tanah, di atasnya di beri lagi pupuk TSP dan furadan dengan dosis sama. Langkah menanam durian dalam pot ini memanglah diperlukan ketelatenan serta kesabaran. Begitu, Anda dapat nikmati hasil yang optimal.

Related posts

Leave a Comment