You are here
Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias Perkebunan 

Pengetahuan Dasar Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias

Pak-Tani.com Tanaman hias tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang menggemari keindahan dan kecantikan tanaman hias yang memiliki banyak jenis dengan berbagai keindahan, warna, dan karakteristik masing-masing seperti bunga mawar, bunga anggrek, pohon cemara, tulip, dan masing banyak lagi yang lainnya yang dapat ditanam di pekarangan rumah hingga didalam rumah dan memberikan aksen indah dan segar sebagai penghias rumah, tetapi tanaman hias juga dapat dipergunakan sebagai bunga potong untuk dimasukkan dalam vas air maupun sebagai pernak-pernik ucapan dsb. Selain memberikan keindahan pada area rumah, tanaman hias juga dapat memberikan efek kesehatan bagi pada pemiliknya, dimana beberapa tanaman hias dapat menangkal asap dan polusi udara serta dapat memberikan kesegaran dan keharuman bagi pemiliknya.
Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias Nah, dari sekian banyak manfaat yang tanaman hias, maka tidak heran budidaya tanaman hias sekarang ini sedang naik pamor baik itu untuk konsumsi pribadi hingga bagi pelaku usaha yang melihat bisnis budidaya tanaman hias yang potensial dimana tanaman hias berbagai jenis seperti dapat dengan mudah kita temukan pada setiap rumah hingga perkantoran sehingga memiliki permintaan pasar yang besar. Bagi anda yang berminat budidaya tanaman hias, berikut Pengetahuan Dasar Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias sebagai berikut :

Produksi Budidaya Tanaman Hias
Produksi dalam hal ini adalah sebuah kegiatan anda sebagai pemilik budidaya tanaman hias untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan budidaya tanaman hias anda dengan cara terus menerus memperbaharui teknik dan pengetahuan anda tentang budidaya tanaman hias baik secara teori maupun praktek dengan peningkatan bahan, varian tanaman hias, hingga alat.

Pemilihan tanaman
Tahap pemilihan tanaman hias untuk budidaya sangat penting, apalagi jika anda termasuk pemula dan baru mengenal budidaya tanaman hias. Maka sebaiknya pilihlah jenis tanaman hias yang memiliki tingkat perawatan yang mudah, tidak sensitif serta tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus yang dapat nantinya anda tingkatkan tergantung dengan kesiapan anda baik dari pengenalan lebih terhadap jenis tanaman hingga peralatan dan waktu.

Teknik Perawatan
Untuk teknik perawatan tanaman hias biasanya tergantung dengan jenis tanaman hias yang akan anda budidayakan, maka ada baiknya mempelajari terlebih dahulu dan mengenal sifat dan habitat asli tanaman hias anda. Akan tetapi secara garis besar dan umum, untuk perawatan tanaman hias sebenarnya cukup mudah seperti rutin menyiram tanaman dengan air pada pagi dan sore hari, penempatan tanaman hias yang tidak terlalu sering terkena panas terik matahari, serta pengawasan tanaman hias dari hama pengganggu yang dapat anda hindari dengan penggunaan pestisida organik maupun kimia, hingga pemberian pupuk untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

Wadah tanaman
Untuk wadah budidaya tanaman hias, pada umumnya pelaku budidaya menggunakan pot yang dapat dengan mudah dipindahkan, bagi anda yang menggunakan pot, maka pilihlah ukuran pot yang sesuai dengan ukuran jenis tanaman hias yang ditanam, seperti pot besar untuk tanaman seperti anthurium, dan pot kecil untuk tanaman seperti mawar, suplir, dsb

Media penanaman
Hal yang merupakan unsur penting dalam kesuksesan berbudidaya tanaman hias adalah pemilihan media tanam yang tepat untuk tanaman hias, adapun untuk media tanam dibagi menjadi 2 yakni media tanam berbahan anorganik dan berbahan organik. Adapun perbedaan kedua media tanam tersebut adalah sebagai berikut :

Media Tanam Bahan organik
Media tanam organik mempunyai keunggulan yakni memiliki banyak unsur hara yang akan sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, adapun media tanam organik biasanya berupa sabut kelapa/cocopeat, pupuk kandang, humus, arang sekam, cacahan pakis, kompos, hingga moss.

Media Tanam Bahan anorganik
Media tanam anorganik memiliki keunggulan media tanam yang memiliki kandungan mineral yang baik, adapun media tanam anorganik berupa spons, pasir, kerikil, batu, hingga pecahan batu.

Sekian beberapa Pengetahuan Dasar Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias yang dapat kami berikan kepada anda yang berminat memulai budidaya tanaman hias, semoga dengan beberapa teknik dan ilmu dasar mengenai budidaya tanaman hias dapat membantu budidaya tanaman hias anda sukses baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk usaha.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Menanam Jagung Dengan Mudah Dan Tepat

Related posts

Leave a Comment