Potensi Usaha Ternak Ikan Nila Dan Beserta Tips

Potensi Usaha Ternak Ikan Nila Dan Beserta Tips

Posted on

Pak-Tani.com – Ikan nila seperti yang kita ketahui bersama menjadi salah satu komoditi perikanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat tanah air hingga mancanegara sebab ikan nila yang memiliki tekstur daging yang lembut dan khas membuat ikan nila dapat diolah menjadi aneka ragam kuliner yang lezat serta menggugah selera para pecinta kuliner dan sajian ikan nila dapat dengan mudah ditemukan mulai dari restoran berbintang lima hingga warung-warung jajanan kaki lima.
Potensi Usaha Ternak Ikan Nila Dan Beserta Tips
Melihat potensi ikan nila yang semakin hari kian meningkat pesat akan permintaan persediaan di pasar, maka tentunya tidak heran banyak pelaku ternak ikan beralih atau ikut terjur dalam beternak ikan nila yang menawarkan keuntungan yang menggiurkan dengan modal yang dapat terbilang minim, perawatan yang tergolong mudah, dan lahan atau kolam ternak yang secukupnya dimana bahkan menggunakan kolam terpal atau kolam yang sempit pun dapat digunakan dalam beternak ikan nila. Adapun beberapa keunggulan ternak ikan nila dibandingkan ternak ikan lainnya adalah :

1.Tahan dan kebal terhadapat virus serta penyakit
2.Memiliki fase pertumbuhan yang cepat karena jenis ikan ini yang bersifat omnivora atau pemakan segalanya baik tumbuhan atau daging.
3.Memiliki Adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan baru
4.Mudah untuk diternakkan
5.Cepat dan mudah dikembang biakkan

Dengan beberapa keunggulan diatas, tentunya potensi usaha ternak ikan nila patut dilirik bagi anda yang ingin melihat peluang usaha dalam bidang perikanan dimana dengan beberapa keunggulan dalam beternak ikan nila dan besarnya minat masyarakat akan permintaan ikan nila karena kelezatan dagingnya tentunya merupakan hal yang patut diingat dan menjadi alasan kuat mengapa anda wajib melirik ternak ikan nila.

Namun dalam beternak ikan nila, ada beberapa tips yang patut anda perhatikan untuk meraih kesuksesan dalam ternak ikan nila sebagai berikut :

1.Menghindari Ikan Nila Stress
Caranya adalah dengan mengganti secara rutin dan teratur air kolam ternak ikan yang mulai kotor atau berbau minimal 3 – 4 seminggu sekali dengan menguras 1/3 isi kolam dan mengganti dengan air yang baru.

2. Perhatikan Nafsu Makan
Penting untuk memperhatikan nafsu makan pada ikan nila anda, dan jika terdapat ciri-ciri berkurangnya nafsu makan anda dapat memberikan bantuan asupan vitamin dan suplemen untuk menghindari ikan menjad sakit.

3.Terserang penyakit
Agar ikan nila anda bebas dan terhindar dari penyakit, hindari air kolam yang mengandung zat asam terlalu berlebihan.

Sekian informasi kami mengenai Potensi Usaha Ternak Ikan Nila Dan Beserta Tips, semoga dapat menjadi referensi bagi yang ingin memutuskan terjun dalam usaha ternak ikan nila yang dapat menjadi sangat menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang benar dan baik.

Baa juga informasi kami lainnya mengenai Sukses Ternak Ikan Lele Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *