You are here
cara bercocok tanam bawang merah Pertanian 

Punya Lahan Kering? Gunakan Untuk Bercocok Tanam Bawang Merah

bercocok tanam bawang merah
Tanaman Bawang Merah

Siapa bilang lahan kering tidak dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam? Bisa kok. Lahan kering bisa kita manfaatkan untuk bercocok tanam. Karena masih ada beberapa varietas tanaman yang ternyata habitatnya adalah hidup di lahan – lahan yang kering.

Jadi, bagi anda yang memiliki lahan kering, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya sebagai media bercocok tanam. Gunakan dan pastinya hasil yang memuaskan akan anda dapatkan.

Lantas, tanaman apa yang cocok ditanam di lahan kering?

Sebenarnya banyak sekali varietas tanaman unggul yang dapat dimanfaatkan untuk ditanam di lahan yang kering. Salah satu varietas tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk ditanam di lahan kering adalah tanaman bawang merah.

Nah, karena itu bagi anda yang dirumah atau sekitarnya terdapat lahan kering, jangan didiamkan. Jangan pula diacuhkan. Tetapi, pergunakan lahan kering tersebut sebagai media anda untuk menanam bawang merah. Pastinya hasil memuaskan akan anda dapatkan, asalkan anda menanamnya dengan teknik tanam yang baik.

Ini beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam metode bercocok tanam bawang merah di lahan kering!

cara bercocok tanam bawang merah
cara bercocok tanam bawang merah

Metode Bercocok Tanam Bawang Merah di Lahan Kering

Pengolahan Tanah

Ya, inilah langkah pertama yang harus anda pikirkan dan anda lakukan ketika akan menanam bawang merah. Olah dulu tanah kering yang anda miliki.

Caranya adalah dengan menebarkan pupuk kandang di lahan kering anda dengan dosis 0,5 – 1 ton untuk tanah seluas 1000 m2, kemudian olah tanah dengan cara digaru. Setelah 1 minggu buat bedengan dengan lebar 120 sampai dengan 180 cm.

Nah, satu yang harus anda ingat juga, diantara bedengan buat saluran air dengan lebar 40 – 50  cm yang kedalamannya 50 cm.

Setelah pengolahan tanah, langkah selanjutnya adalah

Pemilihan Bibit dan Pemupukan

Hasil yang memuaskan adalah tanaman yang ditanam dengan bibit yang berkualitas unggul. Rasanya hal ini sudah merupakan sebuah hukum alam.

Tentunya anda harus benar – benar selektif dalam memilih bibit. Bibit yang baik adalah bibit bawang merah yang tidak kopong dan kompak. Dan yang harus juga diperhatikan adalah pemupukan tanah. Upayakan memupuk tanah dengan sebaik mungkin.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Bercocok Tanam Bawang Merah. Semoga informasi kali ini yang kami berikan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Selamat mencoba menanam bawang merah.

Baca juga artikel pertanian lainnya di Pak-Tani.Com : Trik Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah & Ingin Belajar Bercocok Tanam? Coba Bercocok Tanam Sayur Sawi

Related posts

Leave a Comment