You are here
Sejuta Manfaat Buah Naga Dan Cara Mudah Membudidayakannya Pertanian 

Sejuta Manfaat Buah Naga Dan Cara Mudah Membudidayakannya

Pak-Tani.com –  Cara menanam buah naga – Ada banyak sekali jenis buah di dunia ini, salah satunya adalah buah naga. Buah naga ini merupakan buah yang berasal dari negara Amerika, tepatnya Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan juga Meksiko. Namun, buah naga sekarang mulai dibudidayakan di negara-negara lain salah satunya di Indonesia. Buah naga ini merupakan buah yang berasal dari tumbuhan berjenis kaktus yang mempunyai marga Hylocereus dan Selenicereus. Kulit luar buah naga umumnya berwarna merah namun ada buah naga yang berkulit kuning meskipun jarang dijumpai di Indonesia. Daging buah naga memiliki beberapa warna yaitu ada yang berwarna merah, putih, dan juga merah keungu-unguan. Manfaat buah naga sangat banyak, selain itu buah naga juga dapat dikreasikan menjadi bermacam-macam olahan makanan. Seperti apa pembudidayaan buah naga, berikut penjelasannya.

Langkah Mudah Budidaya Buah Naga

Bagi anda yang ingin belajar menanam buah naga, berikut akan kami rangkumkan cara mudah menanam tanaman buah naga dirumah anda sendiri. Pertama, persiapkan lahan. Anda harus menyiapkan lahan yang akan anda tanami buah naga terlebih dahulu dengan ukuran 40×40 dengan kedalaman 40 cm. Tancapkan tiang penyangga batang dan beri pupuk kandang di dalam lubang yang anda buat. Kedua, siapkan bibit yang sudah berumur kurang lebih 3 bulan kemudian tanam bibit pada lahan tersebut. Selanjutnya lakukan perawatan secara rutin .

Baca juga : Cara Jitu Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Bercocok Tanam

Sejuta Manfaat Buah Naga Dan Cara Mudah Membudidayakannya
Sejuta Manfaat Buah Naga Dan Cara Mudah Membudidayakannya

Perawatan Tanaman Buah Naga

Budidaya buah naga memang gampang-gampang susah. Setelah anda mempraktekkan cara menanam buah naga di atas, sekarang anda perlu melakukan perawatan pada tanaman anda. pertama, pengairan. Pada masa awal, agar tidak terjadi pembusukan pada batang, lakukan penyiraman 1-2 hari sekali. Kemudian beri pupuk secara rutin selama 3 bulan sekali agar tanaman subur. Kemudian lakukan pemangkasan secara rutin pada tanaman agar buah lebih cepat tumbuh.

Panen

Masa panen buah naga biasanya sekitar 1,5 – 2 tahun setelah masa tanam. Buah naga yang siap panen umumnya kulit buah sudah berwarna merah mengkilap dan merata. Mahkota pada buah juga sudah mengecil dan pangkal buah menguncup. Buah siap panen berukuran sekitar 400-600 gram. Untuk satu pohon tanaman ini dapat menghasilkan sekitar 1 kg buah. Maka anda dapat mengalikannya dengan jumlah tanaman yang anda tanam.

Baca juga : Trik Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Manfaat Buah Naga

Ada berbagai manfaat yang anda dapat dari kandungan buah naga ini. Berbagai kandungan vitamin dan kalsium yang dapat menyembuhkan penyakit kanker, mencegah penyakit osteoporosis, menurunkan kadar kolestrol, menyembuhkan asma dan batuk, mengatasi tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan penyakit diabetes, menjaga kesehatan mata, dan juga dapat mempercantik penampilan anda karena kandungan vitamin C yang banyak terkandung di buah naga ini. buah ini sangat kaya akan manfaat baik dari buah, batang, bahkan kulit buah naga itu sendiri.

Macam Olahan Dari Buah Naga

Buah naga memang merupakan buah yang banyak manfaatnya. Selain dikonsumsi secara langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai varian produk. Buah ini dapat anda jadikan sebagai ampas dalam pembuatan sup buah atau anda juga dapat mengolahnya menjadi keripik, agar-agar, bubur, dan minuman sehat jus buah ini. Bahkan anda pun dapat mengolahnya untuk dijadikan cake atau kue anda. semua dapat anda kreasikan sendiri sesuai dengan keinginan anda. Demikian ulasan mengenai cara menanam buah naga beserta manfaat yang diperoleh dari buah naga sendiri.

Related posts

Leave a Comment