You are here
Sukses Ternak Ikan Lele Bagi Pemula Perikanan 

Sukses Ternak Ikan Lele Bagi Pemula

Pak-Tani.com – Ikan lele sebagai salah satu ikan air tawar yang memiliki pasar dengan jumlah permintaan yang meningkat terus dengan signifikan tentunya merupakan peluang usaha yang sangat bagus untuk dilirik bagi anda yang ingin menggeluti usaha beternak ikan air tawar, dimana ikan lele sebagai salah satu jenis ikan favorit masyarakat tanah air dan bahkan ikan lele juga sebagai salah satu komoditi ekspor ke negara-negara lain.
Sukses Ternak Ikan Lele Bagi Pemula
Tingginya potensi ikan lele ini, saat ini banyak pelaku usaha beralih ke usaha ternak ikan lele yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ternak ikan air tawar lainnya, adapun keunggulannya sebagai berikut :

1. Modal yang dibutuhkan relatif kecil
2. Mudah dalam pemeliharaan dan perawatan
3. Pengelolaan ikan lele yang praktis
4. Persiapan dan kolam ikan yang mudah bahkan dengan menggunakan kolam terpal pun jadi
5. Mudah berkembang biak dan pertumbuhan yang relatif cepat
6. Harga Jual yang Stabil

Berikut beberapa tips sukses beternak ikan lele bagi anda para pemula yang berminat untuk menggeluti usaha ternak ikan air tawar yang sangat populer ini sebagai berikut :

Manajemen Bibit dan Lahan yang Akan Digunakan
Pilihlah bibit ikan lele yang akan anda ternakkan yang memiliki kualitas yang baik dan unggul, serta banyaknya bibit ikan lele disesuaikan dengan kemampuan modal awal anda dan ketersediaan lahan atau kolam ikan lele yang akan anda gunakan. Hal ini penting untuk kesuksesan ternak ikan lele anda, sebab bibit ikan lele yang baik dan lahan atau kolam ikan lele yang pas dengan jumlah bibit ikan lele sangat menentukan kualitas panen anda nantinya.

Persiapan Kolam Ternak Ikan Lele
Apabila anda menggunakan kolam terpal, anda dapat beramsumsi untuk membuat kolam dengan takaran ukuran 1 meter persegi lahan kolam pas untuk menampung 100 ekor ikan lele dan selanjutnya dapat anda sesuaikan dengan ketersediaan lahan anda. Adapun untuk ketinggian kolam, sebaiknya memiliki tinggi sekitar 1,5 meter baik untuk anda yang menggunakan kolam terpal atau tanah.

Bagi anda yang menggunakan kolam terpal, pastikan ukuran terpal yang anda gunakan lebih panjang dan lebar dari ukuran luas kolam anda, dan pastikan juga kolam telah bersih dari batu, kerikil, dan sebagainya yang selanjutnya anda dapat melakukan proses fermentasi pada kolam dengan menaruh pupuk kandang dan didiamkan dulu selama 3-4 hari untuk menyediakan pakan makanan alami untuk ikan lele nantinya.

Penebaran Benih dan Perawatan Ikan Lele
Setelah kondisi kolam sudah benar dan cocok untuk ikan lele, maka anda dapat memasukkan bibit ikan lele anda didalam kolam yang telah anda siapkan dan memastikan pemberian pakan ikan lele organik secara dan sesuai dengan ukuran ikan lele. Sedangkan untuk kebersihan air juga patut selalu anda pantau dimana setiap 2 – 3 minggu sekali atau ketika air sudah tampak kotor dan busuk, anda dapat menguras 1/3 isi kolam dan mengganti dengan air yang baru.

Sekian informasi kami mengenai Sukses Ternak Ikan Lele Bagi Pemula, semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips dan Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal

Related posts

Leave a Comment