You are here
cara menanam terong ungu Pertanian 

Teknik dan Cara Menanam Terong yang Baik dan Benar

Pak-Tani.com – Cara Menanam Terong – Terong merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan subur di daerah Trofis. Tanaman yang berasal dari daerah India ini dapat tumbuh hampir di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Nah, untuk Anda yang ingin menanam buah yang satu ini, Anda dapat mengikuti teknik menanam terong yang telah kami siapkan berikut:

Tahap Persemaian

Sebelum bibit digunakan, Anda perlu melakukan tindakan penyemaian bibit dengan jalan pemeraman selama kurang lebih 24 jam menggunakan handuk lembab ataupun tisu basah. Untuk mendapatkan hasil buah yang optimal, Anda sebaiknya menggunakan benih  hibrida yang banyak dijual di toko – toko pertanian.

Tahap Pembibitan

Setelah benih selesai disemai, langkah cara menanam terong yang selanjutnya adalah kegiatan pembibitan. Sebelum melakukan aktivitas pembibitan, Anda perlu menyiapkan media pembibitan berupa polybag berdiameter 5 cm dengan tinggi sekitar 8 cm yang diisi dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang (perbandingan 2:1).

Setelah benih berkecambah, selanjutnya Anda tinggal memasukkan benih tersebut ke dalam polybag yang telah disiapkan. Untuk menjaga kelembaban media pembibitan, Anda harus menyiram bibit setiap hari dan juga menutupi bibit menggunakan jerami ataupun daun pisang.

cara menanam terong ungu
cara menanam terong ungu

Tahap Persiapan Lahan

Sambil menunggu bibit Terong siap untuk digunakan, Anda dapat melakukan aktivitas persiapan lahan. Lahan yang akan digunakan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Setelah lahan bersih, Anda dapat menggemburkan dan mengairi lahan secara merata.

Lahan yang telah diairi selanjutnya diberi tindakan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang (sekitar 15 kg/m2) dan kapur dolomit (sekitar 10 kg/m2). Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan pupuk urea (2,5 kg/10 tanaman), KCL (1,5 kg/10 tanaman), SP-36 (3 kg.10 tanaman) dan NPK (3 kg/10 tanaman).

Setelah aktivitas pemupukan selesai dilaksanakan, selanjutnya Anda dapat membentuk bedengan dengan lebar  0,75 hingga 1 m dan tinggi 25 hingga 30 cm. Di bedengan ini, nantinya akan dibuat lubang tanam satu baris dengan jarak antar lubang sekitar 60 hingga 75 cm.

Tahap Penanaman

Setelah bibit siap untuk ditanam dan lahan telah selesai diolah, selanjutnya Anda dapat memindahkan bibit terong secara langsung dengan jalan merobek polybag (pastikan tanah di dalam polybag tidak hancur), dan memasukkan tanaman ke lubang tanam yang telah disiapkan. Aktivitas penanaman sebaiknya dilakukan di pagi ataupun sore hari. Setelah tanaman dipindahkan, Anda harus menyiramnya dengan air hingga daerah sekitar lubang tanam basah merata.

cara menanam terong
cara menanam terong

Tahap Pemeliharaan

Seperti halnya berbagai macam tanaman lainnya, untuk bisa tumbuh dengan baik, tanaman Terong memerlukan tindakan pemeliharaan. Beberapa aktivitas pemeliharaan yang diperlukan oleh tanaman Terong yaitu : penyiraman (dilakukan setiap hari jika tidak ada hujan), penyiangan (dilakukan setiap minggu), penyulaman (dilakukan ketika usia tanaman menginjak 15 hari), pengajiran (dilakukan ketika tanaman berusia sekitar 20 hari), pemipilan tunas air (dilakukan setiap tunas air tumbuh), dan pemupukan.

Untuk kegiatan pemupukan dapat dilakukan ketika tanaman berusia 21 hari dan juga 20 hari setelah terong dipanen dengan  komposisi pupuk ZA sebanyak 2,5 gram, KCL sebanyak 1 gram, dan Sp sebanyak 3 gram untuk setiap tanamannya (pemupukan ulang pertama) serta NPK Grand S -15 sebanyak 10 gram (pemupukan ulang berikutnya).

Masa Panen

Buah Terong biasanya sudah dapat dipanen setelah usia tanaman telah mencapai 30 hari atau sekitar 15 hingga 17 hari setelah munculnya kuncup bunga. Buah Terong yang siap untuk dipanen memiliki ciri – ciri berwarna mengkilat, daging buah masih terasa agak empuk, dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Jika dirawat dengan baik, pohon Terong biasanya dapat dipanen setiap dua kali seminggu. Rata – rata produktivitas tanaman terong sendiri adalah sekitar 18 hingga 22 buah dalam satu kali tanam.

Itulah langkah langkah Teknik dan Cara Menanam Terong yang Baik dan Benar yang dapat Anda jadikan panduan dalam usaha budidaya tanaman Terong. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Ingin Belajar Bercocok Tanam? Coba Bercocok Tanam Sayur Sawi

Related posts

Leave a Comment