You are here
cara ternak jangkrik Peternakan 

Teknik Dan Cara Ternak Jangkrik Dengan Mudah

Pak-Tani.com – Jangkrik merupakan salah satu hewan serangga yang secara morfologi hampir sama dengan serangga belalang. Hewan serangga yang biasa berbunyi pada malam hari ini saat ini banyak dibudidayakan untuk asupan makanan burung. Nutrisi yang sangat banyak terdapat pada jangkrik inilah yang banyak dicari dan disenangi oleh burung kicau. Nilai jual untuk serangga jangkrik tiap satu kilogramnya bisa mencapai Rp. 200.000,- dan itu merupakan nilai yang lumayan untuk sebuah budidaya atau pekerjaan sampingan. Jika anda berminat menggeluti usaha sampingan membudidayakan jangkrik, kali ini akan kami sampaikan langkah-langkah dan cara ternak jangkrik bagi pemula.

cara ternak jangkrik
cara ternak jangkrik

Langkah Budidaya Jangkrik

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat kandang jangkrik. Kandang dibuat dari bambu yang dibelah-belah dan dibentuk kubus. Bambu dibuat agak renggang antara satu bambu dengan bambu yang lainnya. Untuk ukuran kandang, anda bisa membentuk dengan ukuran 1 meter X 1 meter. Media yang harus diletakkan di dalam kandang adalah krat telur untuk menjadi sarang jangkrik. Sebagai pelengkapnya, anda harus menyediakan jaring untuk melapisi kandang bambu, dan juga terpal yang sedikit tebal untuk tetap menjaga kelembaban di dalam kandang. Teknik budidaya jangkrik yang satu ini harus anda perhatikan untuk menjaga kelangsungan hidup jangkrik yang dibudidayakan.

Kandang jangkrik yang diberikan krat telur akan sangat membantu jangkrik dalam beradaptasi. Kebiasaanya hidup di dalam hutan akan membuat jangkrik syok ketika berada dikandang, karena yang biasanya di lingkungan bebas setelah berada di kandang mereka akan merasa terbatasi dan terkungkung. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya anda perlu memasukkan krat telur sebagai ruangan yang berbentuk seperti lubang tanah dan bisa untuk tempat bersembunyi para jangkrik. Karena biasanya jangkrik hidup di ruangan yang tertutup dan tersembunyi seperti yang ada ketika terdapat krat telur.

Setelah kandang jangkrik sudah tersedia, selanjutnya anda memilih bibit jangkrik yang bisa anda dapatkan di alam bebas. Untuk lebih praktisnya, lebih baik anda memilih bibit yang banyak tersedia dipasaran, karena pasti terpisahkan bibit sesuai dengan umurnya. Pilihlah bibit yang akan memasuki usia produktif untuk mempercepat proses budidaya jangkrik. Cara ternak jangkrik yang satu ini harus diperhatikan karena ada banyak jenis spesies jangkrik yang bisa anda pilih, mulai dari jangkrik sliring, jangkrik madu, atau jangkrik kalung.

Setelah bibit anda pilih, anda bisa memasukkan bibit jangkrik ke dalam kandang. Setelah jangkrik berada di dalam kandang, anda harus tetap memperhatikan keadaan ternak anda, karena dikhawatirkan diserang oleh serangga lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda membuat kandang yang memiliki kaki di setiap sisinya dan dibawah kaki kandang diberikan alas yang mana alas tersebut diisi air untuk mencegah semut naik ke atas kandang.

teknik budidaya jangkrik
teknik budidaya jangkrik

Pakan untuk Budidaya Jangkrik

Jangkrik merupakan hewan dan makhluk hidup yang pastinya memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan untuk jangkrik yang bisa anda berikan seperti daun pisang, kedebog pisang, daun singkong, daun pisang, sawi, gambas, pepaya muda. Bahan makanan tersebut sangat mudah untuk didapatkan di sekitar anda, sebagai makanan tambahan yang terbuat dari pabrikan, anda dapat memberikan pakan ayam (konsetrat) yang dihaluskan dan anda tempatkan pada wadah kecil dan dimasukkan ke dalam kandang.

Demikianlah ulasan Teknik Dan Cara Ternak Jangkrik Dengan Mudah sebagai informasi dan referensi bagi anda yang ingin memulai budidaya jangkrik.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai Mengupas Lengkap Teknik Dan Cara Ternak Lovebird

Related posts

Leave a Comment