You are here
Teknik dan Tips Budidaya Ikan Gabus Perikanan 

Teknik dan Tips Budidaya Ikan Gabus Untuk Hasil Yang Melimpah

Pak-Tani.com Ikan gabus dengan nama latin Channa striata adalah sejenis ikan karnivora yang memiliki habitat asli di air tawar serta dapat memiliki ukuran yang cukup besar. Ikan gabus telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia dan telah menjadi bahan makanan tradisional seperti tekwan, kerupuk kemplang, hingga empek-empek, selain itu ikan gabus juga diyakini memiliki kandungan dan manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya dimana ikan gabus ini dipercaya dapat mengobati penyakit seperti paru-paru, hepatitis hingga memberikan gizi yang seimbang bagi anak-anak, bayi hingga ibu hamil.
Teknik dan Tips Budidaya Ikan Gabus Berbagai keunggulan dan kepopuleran ikan gabus tentu menjadikan budidaya ikan gabus merupakan salah satu usaha budidaya di bidang perikanan yang patut dilirik, sebab dengan permintaannya yang begitu besar oleh masyarakat baik pribadi maupun UKM yang menjadikan ikan gabus sebagai bahan dasar usaha. Nah, untuk itu, bagi anda yang berminat berbudidaya ikan gabus, berikut kami akan berikan tips dan teknik cara budidaya ikan gabus agar budidaya anda memperoleh hasil panen yang melimpah dan tentunya keuntungan besar pun siap anda raih.

Pemilihan indukan yang siap kawin
Cara membedakan ikan gabus yang siap kawin atau biasa juga disebut siap dipijah yakni dengan melihat bentuk perut yang bulat dan lembek pada indukan betina, selain itu juga akan ditandai dengan warna perut yang terlihat lebih terang dan jika dipencet akan mengelurkan butiran telur, sedangkan untuk indukan jantan dapat dilihat dari bentuk kepala yang lonjong dan warna tubuh yang kelihatan agak lebih kusam dan gelap, dan pada bagian “kelamin”nya terlihat memerah serta apabila anda memencet perutnya akan mengelurkan sperma yang berupa cairan putih yang siap membuahi telur indukan betina.

Proses Pemijahan
Untuk melakukan proses ini, anda perlu wadah berupa kolam dengan ukuran panjang sekitar 5m dan lebar 3m dan tinggi 1m, akan tetapi perlu anda ingat kolam tersebut jangan diisi air dulu dan dikeringkan terlebih dahulu selama 3 hingga 4 hari, baru setelah dikeringkan kemudian diisi air dengan kedalam setengah ketinggian kolam, dan silahkan masukkan indukan betina dan jantan yang siap untuk dipijah.

Pemberian tanaman peneduh seperti enceng gondok yang memenuhi kolam juga akan membantu agar indukan ikan gabus anda memberikan kualitas telur yang baik dan kuantitas telur yang banyak, selain itu kolam juga harus memiliki sistem pengairan ( air yang mengalir ) yang baik agar indukan ikan lele tidak stress dan mudah beradaptasi.

Penetasan telur
Setelah proses pemijahan selesai, anda dapat segera memindahkan telurnya ke tempat yang telah kita siapkan berupa wadah khusus untuk proses penetasan seperti ember maupun akuarium. Agar peluang penetasan telur ikan gabus tinggi, anda wajib memastikan suhu wadah penetasan mempunyai suhu sekitar 28 derajat yang dapat anda bantu dengan memberikan pemanas suhu, dimana nantinya telur-telur tersebut akan berubah menjadi larva sekitar 1-2 hari.

Pemeliharaan larva
Ketika telur sudah menjadi larva, pembesaran larva dapat anda lakukan di wadah penetasan hingga 15 hari ke depan, dimana untuk pemberian pakan dilakukan setelah larva memiliki umur 2 hari dan diberikan pakan khusus yakni naupli artemia rutin sebanyak 3 x sehari.

Pembesaran ikan gabus
Setelah usia ikan gabus mencapai usia 2 -3 minggu, anda dapat memindahkan ke wadah khusus proses pembesaran dimana untuk pemberian pakannya dapat berupa pelet yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran dan berat ikan gabus. Sedangkan untuk proses panennya, ikan gabus akan membutuhkan waktu sekitar 5-7 bulan pada proses pembesaran untuk siap dipanen nantinya.

Sekian informasi kami mengenai Teknik dan Tips Budidaya Ikan Gabus Untuk Hasil Yang Melimpah, dengan cara yang benar dan baik maka hasil panen dan keuntungan yang melimpah siap menghampiri usaha budidaya anda. semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah

Related posts

Leave a Comment