You are here
Bercocok Tanam Secara Hidroponik Pertanian 

Terapkan Langkah Ini Untuk Bercocok Tanam Secara Hidroponik

Dewasa ini bercocok tanam secara hidroponik mendapatkan perhatian masyarakat luas. Saking trennya metode bercocok tanam secara hidroponik di tahun 2015 ini, hingga akhirnya banyak orang yang ingin menerapkan konsep bercocok tanam secara hidroponik.

Bercocok  tanam dengan metode hidroponik memang sangat fleksibel dan menguntungkan. Dengan budget yang minimal, dapat menghasilkan hasil tani yang besar dan melimpah. Wow, siapa yang tidak tergiur menerapkan metode bercocok tanam yang satu ini.

Kabar baiknya lagi, konsep bercocok tanam secara hidroponik dapat diterapkan untuk menanam berbagai macam tanaman. Kita dapat menanam sayur ataupun buah – buahan dengan konsep bercocok tanam hidroponik. Tentu sangat seru bukan?

Nah, dalam kaitannya dengan bercocok tanam secara hidroponik, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Dan langkah – langkahnya juga harus anda terapkan.

Apa saja hal – hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan dalam bercocok tanam hidroponik?

Simak informasinya berikut ini!

Bercocok Tanam Secara Hidroponik
Bercocok Tanam Secara Hidroponik

Langkah Untuk Menuai Sukses Bercocok Tanam Secara Hidroponik  

Bercocok tanam secara hidroponik memang sangat menyenangkan. Dengan metode bercocok tanam ini kita juga tidak perlu berkotor – kotoran dengan tanah. Pastinya sangat menyenangkan.

Dan ada beberapa langkah yang perlu anda terapkan dalam bercocok tanam secara hidroponik. Ini dia langkah – langkahnya!

Pertama, yang harus anda lakukan adalah…

Pembibitan

Sama halnya dengan menanam pada umumnya, langkah awalnya adalah pembibitan. Jadi, siapkan dulu bibit yang benar – benar berkualitas untuk menanam secara hidroponik. Upayakan bibitnya berasal dari bibit unggulan supaya hasilnya juga berkualitas.

Dan langkah kedua yang harus anda terapkan adalah

Penyemaian

Sebelum memulai proses penyemaian ini, pastikan anda terlebih dahulu merendam biji selama beberapa saat untuk memicu pertumbuhan kecambah. Sambil anda merendam bijinya, siapkan media untuk bercocok tanam hidroponik sampai 90%.

Setelah media tanam anda siapkan, kemudian semaikan biji tanaman yang akan anda tanam secara hidroponik ini.

Dalam proses penyemaian, beberapa media tanam yang dapat anda gunakan adalah cocopeat basah, tisu, spons dan lainnya. Setelah proses penyemaian selesai, simpan bibit di lokasi yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Dan langkah yang ketiga adalah…

Perawatan dan Pemindahan

Berikan perawatan yang memadai pada bibit tanaman yang telah anda tanam secara hidroponik. Rawat dengan sebaik mungkin. Dan jika bibit tanaman hidroponik sudah tumbuh agak besar, pindahkan dari wadah bibit tadi ke tempat yang dapat merangsang tumbuhnya akar dan tubuh tumbuhan lebih cepat.

Itulah Langkah Untuk Bercocok Tanam Secara Hidroponik yang dapat anda terapkan. Semoga informasi kali ini bermanfaat. Dan selamat mencoba untuk bercocok tanam hidroponik di rumah.

Baca juga artikel pertanian lainnya di Pak-Tani.Com : Cara Perawatan Tanaman Jahe Di Kebun SendiriPunya Lahan Kering? Gunakan Untuk Bercocok Tanam Bawang Merah

Related posts

Leave a Comment