You are here
Budidaya Ikan Mas Perikanan 

Tips Budidaya Ikan Mas Dengan Panduan Lengkap

Pak-Tani.com Ikan mas yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio sejatinya berasal dari Tiongkok dan Eropa dimana penyebaran ikan mas sudah menyebar luas di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia berkat dengan adanya budidaya ikan mas yang dilakukan oleh masyarakat. Untuk budidaya ikan mas sangatlah mudah dan sederhana sehingga membuat banyak orang beralih ke budidaya ikan mas ini dimana permintaan pasar akan kebutuhan ikan mas juga terus meningkat seiring dengan dengan meningkatnya pola konsumsi ikan mas yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, dan belum lagi ikan mas diyakini memiliki banyak kandungan gizi dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.
Budidaya Ikan MasDengan melihat meningkatnya konsumsi masyarakat akan ikan mas, tentu akan menjadi peluang usaha dan bisnis yang sangat baik bagi anda untuk melirik budidaya ikan mas ini, dimana modal yang dibutuhkan pun sedikit, dan dengan cara budidaya yang benar dan baik akan membuat budidaya ikan mas akan menjadi lebih mudah dengan menjanjikan keuntungan yang besar. Berikut, kami akan memberikan Tips Budidaya Ikan Mas Dengan Panduan Lengkap bagi anda yang ingin melirik peluang usaha perikanan sebagai berikut :

Pertumbuhan Ikan Mas
Untuk dasar sebelum memulai budidaya ikan mas, perlu anda ketahui bahwa ikan mas biasa hidup pada kondisi suhu suhu 20 – 25 °C dan ketinggian 150 – 600 diatas permukaan laut, tetapi ikan mas juga dapat dibudidayakan di kolam beton atau semen, hingga kolam tanah dan terpal dengan suhu yang sesuai..

Persiapan Indukan Ikan Mas
Indukan ikan mas yang telah dipersiapkan harus dipisahkan pada kolam khusus indukan yang terpisah dari indukan jantan dan betina sehingga anda dapat dengan mudah melakukan penyortiran indukan.

Pemijahan ikan Mas
Untuk proses pemijahan dilakukan dengan cara rangsangan hormin dimana anda harus memastikan sebelum pemijahan, kolam pemijahan harus terlebih dahulu bersih dengan ketinggian air sekitar 75 – 100 cm. Sebelum masuk ke proses pemijahan, siapkan juga wadah/terpal/plastik untuk mempermudah memanen larva hasil pemijahan nantinya, kemudian setelah semua telah disiapkan, barulah memasukkan indukan jantan dan betina yang siap dipijah didalam kolam dan membiarkan proses pemijahan berlangsung secara alami. Dan jangan dilupakan, setelah proses pemijahan selesai, pindahkan kembali indukan ikan mas kembali ke kolam indukan sebelumnya.

Pendederan Ikan Mas
Pendederan dilakukan setelah larva ikan mas hasil pemijahan telah cukup kuat. Adapun persiapan kolam untuk proses pendederan adalah menebarkan kotoran 10 – 15 kg kotoran ayam, kemudian diisi dengan air dengan tinggi 40 cm dan kemudian didiamkan selama 5 hari tanpa dialiri air yang bertujuan agar sumber makanan alami larva ikan mas seperti plankton dan sebagainya dapat tumbuh didasar kolam, dan dapat juga diselingi dengan pemberian pelet yang telah direndam sebelumnya.

Setelah proses ini, larva ikan mas akan siap dipanen setelah berumur 3 minggu yang dapat anda jual maupun untuk dilakukan pembesaran dikolam khusus pembesaran ikan mas untuk mendapatkan ukuran ikan mas yang lebih besar dan harga jual yang lebih mahal.

Pembesaran dan Panen Ikan Mas
Pada tahap ini, ikan mas akan melalui proses pembesaran untuk permintaan pasar untuk dikonsumsi, yang dilakukan pada kolam air deras, hingga jaring dimana untuk ketika ukuran ikan mas mencapai berat sekitar 300 gram- 1kg dapat segera dipanen dan dijual.

Sekian informasi kami mengenai Tips Budidaya Ikan Mas Dengan Panduan Lengkap yang semoga dapat menjadi referensi berharga untuk anda yang berminat menekuni usaha budidaya ikan mas dengan beberapa panduan dan tips yang kami sampaikan diatas. Semoga bermanfaat dan berguna, terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Mari Usaha Budidaya Ikan Hias Yang Menguntungkan

Related posts

Leave a Comment