Tips Cara Ternak Cacing Agar Berhasil

Tips Cara Ternak Cacing Agar Berhasil

Posted on

Budidaya cacing ini bisa dibilang lebih gampang jika dibandingkan dengan budidaya ternak yang lainnya. Untuk cara budidaya ternak cacing hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan lahan yang tepat untuk mengelola dan membiarkan supaya bisa tumbuh serta berkembang dengan pesat. Selain media yang harus disiapkan untuk cara ternak cacing, ukuran ph tanah, bibit cacing, dan tempat untuk hidupnya juga harus dipilih dan diperhatikan dengan benar. Biasanya bibit yang akan ditempatkan dimedia hanya sekitar 5 hingga 10 bibit ekor cacing yang diletakkan. Jika media yang disiapkan memenuhi syarat tanpa ada zat racun apapun maka cacing akan mampu tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Untuk mengetahui syarat dari media yang bagus dan tepat sebagai lahan cacing akan bisa berkembang dengan pesat, setelah 12 jam lamanya jika cacing merasa tenang maka dirinya telah betah dengan lahan yang sudah disiapkan. Tapi jika sebaliknya maka anda harus mencari lahan lain dengan ph yang tepat supaya cacing bisa hidup dengan tenang dan mampu berkembangbiak dengan sempurna. Jika media yang sudah dipilih mampu membuat bibit cacing bertahan dna tetap tenang untuk hidup, maka tutuplah lahan media yang diisi bibit dengan menggunakan kertas, daun pisang, plastik atau koran untuk menutupi lahan dari uap dan panasnya sinar matahari. Dengan cara tersebut maka cacing akan mampu beternak dan menghasilkan jumlah cacing yang lebih banyak.

Perkembangbiakan Ternak Bibit Cacing

Hewan cacing adalah hewan yang punya 2 jenis alat kelamin didalam tubuhnya, baik kelamin jantan atau betina sehingga mereka akan bisa membuahi sendiri pada dirinya. Saat akan melakukan pembuahan, mereka tidak akan mampu melakukannya tanpa bantuan dari cacing lainnya. Sehingga saat mereka akan melakukan perkawinan, mereka akan meletakkan tubuh dengan cara berlawanan dan memperkuatnya dengan cara seta. Nah, pada saat itulah lendir yang dikeluarkan masing-maisng cacing akan melindungi spermatozoa, lalu mereka akan masuk dalam kantung kelamin penampung sperma pada setiap pasangannya dan selanjutnya telur cacing (selubung cocon) akan mulai bergerak menuju arah mulut. Perkembangbiakan ternak bibit cacing ini akan menetas selama kurang lebih 14 hingga 21 hari. Setiap telur cacing akan menghasilkan 4 sampai 7 ekor bibit yang kemudian akan bisa tumbuh dewasa setelah 2 sampai 3 bulan kemudian. Setelah itu, pada tiap 7 hingga 10 hari bibit cacing akan mampu menghasilkan 1 sampai 2 telur cacing. Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa hampir tiap tahunnya, bibit cacing yang diternak akan mampu menghasilkan 1000 ekor anak cacing yang sudah diternak pada lahan yang disiapkan.

Tips Dan Cara Memelihara Budidaya Cacing

Cacing sendiri merupakan hewan yang sangat takut akan uap dan panasnya sinar matahari. Sehingga mereka akan lebih suka tinggal ditempat yang lembab dan dingin, teduh dan juga tertutup, apalagi untuk siang hari. Saat peternak cacing ingin memeliharanya ditempat tertentu tanpa media tanah, maka cara ternak cacing yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan bak dan menaruhnya ditempat yang teduh tanpa ada cahaya. Hal penting dalam memelihara cacing tips paling jitu supaya bisa berhasil adalah dengan menjaga kelembaban dari media yang digunakan.

Tips Cara Ternak Cacing Agar Berhasil

Selain memperhatikan akan kelembaban dari media yang digunakan, peternak cacing juga harus mengetahui masa fase dalam pemeliharaannya. Fase pertama, saat cacing berusia 2 hingga 3 bulan mereka akan menjadi anak atau bibit cacing yang sudah bisa dijual sebagai bibit atau indukan. Sedangkan fase kedua, saat cacing berumur 4 hingga 7 bulan maka diri nya sudah produktif dan mampu menghasilkan cocon/ telur cacing. Bukan hanya itu saja yang harus diperhatikan, hama dari cacing yang akan bisa membuatnya tidak mampu untuk berkembangbiak juga harus dihindari seperti ayam, kodok, semut, kelabah atau lintah. Semua hama tersebut harus dijauhkan supaya ternak cacing bisa berkmebang biak dengan sempurna dan tidak habis.

Pakan Ternak Cacing

Setelah mengetahui akan media dan proses dalam pemeliharaannya supaya bisa berkembang secara sempurna dan tidak habis dimakan hama, memilih pakan ternak cacing yang baik dan berkualitas ini harus dilakukan. Pakan yang harus dipilih dalam cara ternak cacing harus disesuaikan dengan pola makannya supaya dirinya mampu berkembang dengan pesat. Pola maka yang diberikan ini harus seimbang dan biasanya mereka akan mampu menghabiskan makanannya selama 24 jam. Artinya, jika berat cacing memiliki ukuran 1 ons selama 24 jam maka makanan yang diserapnya adalah 1 ons juga dan seterusnya. Jenis makanan yang biasa dna bagus untuk pakan cacing adalah kotoran dari ayam, kelinci, sapi dan kerbau, sampah dapur atau organik, dan jenis sampah yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *