You are here
Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal Perikanan 

Tips dan Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal

Pak-Tani.com – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang saat ini memiliki permintaan yang besar dan meningkat pesat dipasaran seiring dengan semakin digemarinya kuliner berbahan ikan lele oleh banyak masyarakat di tanah air karena dagingnya yang unik serta manfaat kesehatan yang dikandung ikan lele. Dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap ikan lele, menjadikan banyak pelaku usaha budidaya “membanting stir” ke usaha budidaya ikan lele disebabkan budidaya ikan lele yang tergolong mudah dengan perkembangan pertumbuhan ikan lele yang pesat membuat masa panen yang lebih ringkas.
Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal
Budidaya ikan lele ini menjadi sangat menjanjikan bagi anda yang ingin melirik usaha budidaya sektor perikanan ini sebagai usaha utama maupun sampingan, dimana ikan lele memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan budidaya perikanan lainnya. Bagi anda yang berminat menggeluti usaha budidaya ini, berikut kami berikan Tips dan Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal yang dapat anda lakukan dengan modal yang minim tetapi jika dilakukan dengana baik dan benar, akan memberikan keuntungan besar bagi anda.

Persiapan Kolam Terpal Budidaya Lele
Sebenarnya cara budidaya lele menggunakan kolam tanah dan terpal hampir sama, dimana letak perbedaan hanya pada media serta cara pempukan. Perlu anda ingat untuk menyediakan lahan kolam sesuai dengan populasi bibit ikan lele yang akan anda tebar untuk pertumbuhan ikan lele yang lebih baik nantinya. Adapun cara menyiapkan kolam terpal untuk budidaya ikan lele yakni sebagai berikut :

1.Diamkan galian lubang untuk menjadi kolam budidaya selama 3-4 hari.
2.Pasang pancang kayu untuk sebagai pegangan terpal anda nantinya untuk menampung air dikolam, atau dapat juga ditimbun dengan tanah.
3.Untuk pengisian air pertama di kolam, gunakan air yang mengandung banyak plankton yang merupakan makanan alami ikan lele, dimana anda dapat membuatnya dengan cara pemupukan dan pencampuran pupuk kandang yang didiamkan selama seminggu.
4.Siapkan tenda atau atap untuk kolam budidaya anda agar nantinya kolam anda terhindar dari air hujan yang bersifat asam yang tidak baik untuk ikan lele anda.

Pemilihan Bibit Ikan Lele
Untuk hasil terbaik, pililah bibit ikan lele yang baik dan unggul jika anda memutuskan untuk membeli atau dapat anda dapatkan dengan pelakukan pemijahan pada indukan lele. Gunakan kolam khusus untuk proses pemijahan dan penetasan telur ikan lele, dan rutin memberikan pelet setiap hari agar bibit ikan lele cepat besar. Ketika ikan lele sudah membesar sekita 5-7 cm dimana kira-kira membutuhkan waktu 1-2 bulan, anda dapat mulai memindahkan pada kolam pembesaran.

Pemeliharaan Ikan Lele
Untuk pemeliharaan ikan lele yang paling penting adalah rutin dan teratur memberikan pakan pada ikan lele setiap hari sesuai dengan bentuk dan bobot tubuh ikan lele. Kemudian untuk rajin mengecek kebersihan air pada kolam terpal ikan lele anda dimana ketika air sudah mulai berbau dan keruh, anda dapat menguran 1/3 isi kolam dan menggantinya dengan air yang baru agar ikan lele tidak mudah terserang penyakit.

Panen Ikan Lele
Panen ikan lele sudah dapat anda capai ketika usaha budidaya ikan lele sudah berumur 3 bulan, atau anda juga dapat menyesuaikan dengan bobot dan berat ikan lele yang anda inginkan.

Sekian informasi kami mengenai Tips dan Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal yang cukup mudah bukan ? jadi bagi anda yang berminat ingin menggeluti usaha budidaya ini, mengapa tidak sekarang dimana keuntungan ikan lele dapat sangat menggiurkan asal dengan cara yang benar dan baik. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses

Related posts

Leave a Comment