You are here
Tips dan Cara Lengkap Budidaya Cacing Sutra Peternakan 

Tips dan Cara Lengkap Budidaya Cacing Sutra

Pak-Tani.com Budidaya cacing sutra sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh para pelaku budidaya sejak dulu, tetapi untuk beberapa lama budidaya cacing sutra mengalami penurunan dan bahkan sudah tidak menjadi primadona lagi dan banyak ditinggalkan oleh para pelaku budidaya. Akan tetapi seiring dengan semakin pesatnya permintaan akan cacing sutra, membuat budidaya cacing sutra kembali dilirik oleh para pelaku usaha dan budidaya disebabkan oleh produksi dalam negeri yang masih sangat kurang jika dibandingkan dengan permintaan pasar.
Tips dan Cara Lengkap Budidaya Cacing Sutra Permintaan pasar akan cacing sutra semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya usaha budidaya dan usaha pembenihan ikan hias yang membutuhkan pasokan cacing sutra dan hal ini menjadi rantai usaha yang sangat bagus dan menguntungkan. Nah, bagi anda yang melihat peluang usaha yang menggiurkan ini dengan budidaya cacing sutra dan ingin segera memulai budidaya, berikut kami akan berikan Tips dan Cara Lengkap Budidaya Cacing Sutra sebagai referensi dan modal dasar anda memulai budidaya cacing sutra dengan benar untuk hasil yang maksimal sebagai berikut :

1. Pemilihan bibit cacing sutra
Untuk tips dan langkah pertama, anda harus memilih bibit cacing sutra yang hendak anda budidayakan, dimana anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai toko ikan hias maupun langsung dari alam seperti selokan, sungai hingga parit. Jika bibit cacing sutra sudah anda dapatkan, maka terlebih dahulu lakukan karantina pada bibit tersebut selama 2-3 hari dengan air yang mengalir untuk menghindari bibit cacing sutra tersebut membawa bakteri patogen bersamanya.

2. Persiapan media tumbuh cacing Sutra
Langkah kedua adalah media atau wadah budidaya, dimana anda dapat memanfaatkan terpal dan membuat kubangan lumpur dengan ukuran 1×2 m yang telah dilengkapi dengan saluran air untuk air masuk dan keluar. Lalu pada setiap kubangan lumpur yang anda buat, buatlah lagi beberapa petakan kecil yang berukuran 20x20cm dengan tinggi tanggul sekitar 10 cm dan diantara tanggul buatlah lubang dengan diameter sekitar 1 cm.

3. Pemupukan
Langkah ketiga setelah bibit dan media sudah disiapkan adalah dengan menyiapkan pupuk dengan ampas tahu atau dedak dengan takaran sebanyak 200-250gr. Pemupukan juga dapat anda lakukan dengan menggunakan pupuk kandang dengan takaran sebanyak 300 gr yang nantinya pemupukan tersebut untuk bahan makanan cacing sutra nanti.

4. Fermentasi
Selanjutnya adalah proses fermentasi pada lahan media budidaya cacing sutra dengan tujuan agar kandungan N-organik dan C-organik meningkat. Adapun cara fermentasi lahan yakni lahan budidaya direndam dengan air setinggi kira-kira 5 cm dan didiamkan selama 3-4 hari.

5. Penebaran Bibit
Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan, waktunya untuk menaruh bibit cacing sutra ke media/ lahan yang telah anda siapkan dengan dilakukan secara merata. Yang patut diingat selama kegiatan budidaya adalah lahan harus terus dialiri air dengan lamban selama proses budidaya cacing sutra.

6. Pakan
Untuk pakan cacing sutra, cukup menyiapkan pakan organik yang dicampur lumpur.

7. Panen
Nah, setelah semua langkah diatas dilakukan dengan benar, maka panen perdana untuk budidaya cacing sutra yang anda lakukan dapat tercapai setelah waktu sekitar 60 hari sejak penebaran benih di lahan, dan untuk panen selanjutnya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu saja.

Bagaimana ? mudah dan menarik bukan ? Sekian informasi kami mengenai Tips dan Cara Lengkap Budidaya Cacing Sutra bagi anda yang menggeluti bisnis dan peluang usaha cacing sutra yang menggiurkan dan menawarkan keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat dan berguna, terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah

Related posts

Leave a Comment