You are here
Tips dan Cara Ternak Murai Batu Bagi Pemula Burung 

Tips dan Cara Ternak Murai Batu Bagi Pemula

Pak-Tani.com Bagi anda para pecinta burung tentunya mengenai jenis burung bernama Murai Batu yang sangat populer di kalangan pecinta burung, dimana burung murai batu yang bernama latin Copychus malabaricus dari keluarga Turdidae populer karena ciri khas kicauan burung yang sangat merdu, bervariasi, dan bernada indah yang membuat burung ini menjadi salah satu jenis wajib burung yang wajib di koleksi pada pecinta burung. Selain bersuara merdu, burung Murai batu juga terkenal dengan gaya bertarung yang menarik untuk dilihat tetapi burung ini sebaiknya tidak untuk dipertarungkan, sebab keindahan suara dan keelokan warna burung sudah sangat menghibur hati bagi para pemiliknya.
Tips dan Cara Ternak Murai Batu Bagi Pemula
Untuk menternakkan burung muara batu sebenarnya tergolong mudah yang penting anda mengetahui cara beternak burung murai batu dengan benar dan baik, sebab banyak juga para peternak yang mencoba menangkarkan burung ini dan menemui kegagalan seperti mencoba mengawinkan burung murai batu secara asal-asalan malah bukannya anak burung yang didapatkan malah membunuh indukan burung murai batu, dan masih banyak lagi lainnya.. Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar dan teknik yang tepat bagi anda para pemula agar sukses dalam beternak muara batu ini. Berikut Tips dan Cara Ternak Murai Batu Bagi Pemula.

Persiapan Kandang
Untuk ternak burung Murai Batu tentunya anda membutuhkan kandang burung, dimana kandang burung tersebut cukup luas dan tidak terlalu sempit serta bersikulasi udara yang baik. Adapun untuk penempatan kandang, sebaiknya ditempatkan pada tempat yang aman yang jauh dari jangkauan anak-anak, dan jauh dari kebisingan serta memiliki sirkulasi udara segar yang baik.

Kandang burung murai batu juga sebaiknya terpisah dengan berbagai jenis burung pengganggu seperti merpati dan sebagainya,sebab murai Batu tergolong pemalu jika melihat burung jenis lainnya yang membuat mereka tidak berkicau. Kandang burung murai batu juga harus terkena cahaya matahari yang pas pada pagi hari untuk memperoleh vitamin D pada pagi hari, dan juga memiliki tempat teduhan ketika sinar matahari sudah terlalu panas untuk burung Murai Batu.

Adapun untuk persiapan untuk isi kandang, dapat anda siapkan tempat tenggeran burung, tempat untuk kawin, tempat untuk telur, serta kandang sebaiknya memiliki 2 pintu agar burung tidak terlalu terganggu jika anda hendak memberikan sesuatu pada kandangnya. Sedangkan untuk atap kandang sebaiknya dibuat setengah tertutup dan setengah terbuka agar tidak menghalangi sinar matahari yang masuk sekaligus sebagai tempat berteduh burung Murai Batu, dan untuk lantai sebaiknya menggunakan bahan alami seperti tanah yang juga dapat memberikan pakan tambahan untuk burung Murai Batu.

Indukan Murai Batu
Pemilihan indukan murai batu yang berkualitas dan unggul untuk dikawinkan sangatlah penting untuk memperoleh anakan yang berkualitas pula, adapun tips memilih indukan yang baik sebagai berikut :
1.Pilihlah indukan yang telah jinak dan akrab dengan kehadiran manusia, untuk menghindari stress pada burung.
2.Plihlah indukan jantan yang berusia 2 tahun lebih, dan untuk betina berusia 1 tahun lebih dimana mereka lebih matang dan siap berproduksi.
3.Pilihlah indukan yang tidak memiliki cacat seperti pada kaki, sayap, kepala, dan bulu yang baik.
3.Pilihlah indukan yang memiliki nafsu makan yang baik dan lincah.

Pakan Murai Batu
Pakan alami dan organik merupakan pakan yang terbaik untuk ternak burung murai batu dimana pakan tersebut menyediakan asupan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan dan kelincahan burung murai batu, adapun pakan murai batu mulai dari Kroto atau semut rangrang, jangkrik, ulat dan pakan tambahan seperti Voer.

Sekian Tips dan Cara Ternak Murai Batu Bagi Pemula yang patut anda perhatikan bagi anda yang ingin menekuni beternak Murai Batu agar ternak anda dapat berlangsung sukses dan kesehatan serta kualitas Murai Batu anda pun terjaga. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Ternak Kambing Modern Yang Baik dan Benar

Related posts

Leave a Comment