Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Bagi Pemula

Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Bagi Pemula

Posted on

Pak-Tani.com Daging sapi masih merupakan komiditas peternakan yang masih memiliki harga jual yang lumayan tinggi di pasar tanah air dan masih sulit dijangkau oleh masyarakat kelas bawah di Indonesia, hal tersebut tidak terlepas dari semakin tingginya permintaan akan daging sapi dimana peternakan sapi potong di tanah air masih sangat terbatas dan bahkan banyak peternak yang masih melakukan ternak sapi dengan cara tradisional tanpa cara yang efektif dan modern serta lebih menganggap sapi sebagai aset yang dapat mereka jual ketika mereka membutuhkan uang saja.
Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Bagi Pemula
Dengan peternak sapi modern yang masih sangat terbatas, dan kurang serta terbatasnya suplai dari peternak tradional tentunya membuat daging sapi ditanah air sangat tidak berimbang dengan kebutuhan masyarakat, maka dari itu pemerintah pun turun tangan dengan menjalin berbagai kerjasama impor perdagangan daging sapi dengan beberapa negara dimana salah satu negara pemasok daging sapi utama untuk Indonesia adalah Australia untuk memenuhi permintaan daging sapi dipasar tanah air. Dengan melihat betapa kurangnya stok persediaan daging sapi, dan tingginya permintaan masyarakat serta harga jual daging yang lumayan tinggi maka dari itu usaha ternak daging sapi secara modern wajib anda lirik bagi anda yang mencari peluang usaha yang menguntungkan. Untuk itu, kali ini kami akan berikan ulasan mengenai Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Bagi Pemula.

Pemilihan Jenis Sapi serta Indukan yang Baik dan Unggul
Di Indonesia, terdapat aneka ragam jenis sapi bahkan hampir setiap daerah memiliki jenis sapi ciri khas masing-masing sebut saja seperti sapi madura, sapi aceh, sapi ongole, sapi bali dan masih banyak lagi yang lainnya jika ditambah dengan berbagai jenis sapi mancanegara lainnya. Maka dari itu maka diperlukan memilih jenis sapi untuk anda ternakkan sesuai dengan kemampuan anda baik dari segi biaya maupun pemeliharaan, dan salah satu jenis sapi yang cukup baik untuk diternakkan bagi anda pemula adalah jenis sapi Brahman yang cukup kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Setelah menentukan jenis sapi yang akan anda ternakkan, maka pilihlah indukan sapi yang sehat, tidak cacat, serta berbobot dan berbadan bagus sebab indukan yang bagus dan unggul akan berngaruh pada anakan sapi anda nantinya.

Pemilihan Anakan Sapi
Bagi anda yang tidak memiliki banyak modal membeli indukan sapi potong, maka altrnatif yang dapat anda tempuh adalah membeli anakan sapi dan memelihara serta merawatnya hingga besar dan menjadi indukan kelak walaupun sedikit membutuhkan kesabaran dan kerja yang lebih ektra dalam merawat sapi hinga besar. Bagi anda yang ingin membeli anakan sapi, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan untuk mendapatkan anakan sapi yang bagus.

1.Mata bersih serta cerah
2.Tidak terdapat cairan di hidung dan pernafasan yang lancar
3.Kulit dan bulu yang bersih serta bebas jamur
4.kuku sapi bersuhu normal
5.Bulu sapi tidak mudah rontok

Persiapan Kandang
Kandang sapi dapat anda buat dengan perencanaan yang baik dimana kandang sapi juga harus disesuaikan dengan ukuran dan bobot sapi anda.Pastikan juga kandang memiliki struktur dan bahan yang kuat dan tidak roboh atau rusak sebab bobot sapi yang besar. Adapun untuk lokasi kandang, sebaiknya kandang ditempatkan jauh dari pemukiman warga dimana bau busuk kotoran sapi dapat mengganggu warga di sekitar kandang.

Pemeliharaan Sapi
Kesuksesan anda beternak daging sapi adalah keberhasilan anda dalam memelihara dan merawat sapi ternak anda dengan telaten dan rutin seperti pemberian pakan secara teratur sebanyak 3 kali sehari berupa rerumputan segar dan hijau serta dapat ditambahkan dengan bahan seperti ampas tahu, dedak, dan bekatul sebagai pakan tambahan. Selain itu kebersihan kandang harus selalu bersih agar sapi anda dapat tumbuh sehat dan bebas dari bakteri dan jamur akibat kandang yang kotor.

Sekian informasi kami mengenai Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Bagi Pemula, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin menekuni usaha ternak sapi potong. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *