You are here
Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula Perikanan 

Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Pak-Tani.com – Seperti yang kita ketahui bersama, ikan lele telah menjadi sebuah hidangan kuliner yang disukai dan menjadi favorit oleh banyak pecinta kuliner tanah air yang dapat dengan mudah ditemukan restoran atau warung makanan yang menjadikan ikan lele sebagai salah satu menu utama di berbagai pelosok tanah air. Tentu hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang sangat baik dan potensial untuk melakukan budidaya ikan lele dengan pasar konsumen yang besar dan tentunya akan menjanjikan keuntungan yang besar apabila dilakukan dengan cara yang benar.
Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula
Budidaya ikan lele atau bisa juga dikenal sebagai cat fish sangat banyak dilirik oleh para pembudidaya ternak sebab kecilnya modal yang perlu dikeluarkan dan cara budidaya yang dapat dikatakan mudah dengan hasil yang melimpah. Nah untuk itu, kali ini kami akan memberikan Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula yang semoga dapat menjadi menjadi inspirasi dan sumber referensi anda dalam berbudiya ikan lele. Akan tetapi sebelum membahas cara budidaya ikan lele, bagi anda pemula, maka ada baiknya memperhatikan hal ini terlebih dahulu sebagai pegangan anda sebelum memulai budidaya ikan lele.

A. Ikan Lele dapat bertahan hidup dengan suhu air tawar 20 derajat C – hingga 28 derajat C.
B. Tempat budidaya ikan lelel atau Kolam ikan lele harus terhindar dari limbah industri pabrik dan cairan kimia berbahaya lainnya.
C. Ikan lele hidup dengan baik di perairan yang tenang walaupun keruh dan memiliki sedikit kandungan O2 atau oksigen.
D. Permukaan kolam tempat budidaya ikan lele jangan ditutup.

Nah, setelah mengetahui pengetahuan dasar mengenai budidaya ikan lele, berikut cara dan langkah-langkah dalam budidaya ikan lele sebagai berikut :

Lahan untuk Kolam untuk ikan lele
Tentu kolam air tawar merupakan hal yang pokok dan wajib anda siapkan dalam budidaya ikan lele, dan ada baiknya menyiapkan kolam agak jauh dari pemukiman warga sebab bau tak sedap yang biasa ditimbulkan kolam ikan lele. Untuk lahan yang akan dijadikan kolam dikeruk sedalam sekitar 80 cm dan siapkan terpal yang memiliki ukuran yang sama dengan luas lahan yang dikeruk.

Kolam ikan lele
Setelah lahan dikeruk dan diberi terpal, terlebih dahulu lakukan pengapuran menggunakan kapur dolomit untuk membantu mengembalikan keasaman tanah dan mematikan berbagai benih dan bibit penyakit yang dapat membunuh ikan lele nantinya.

Ketika pengapuran sudah dilakukan, air dapat segera dimasukkan dikolam dan dilakukan secara bertahap, dimana untuk mengisi air pertama kali cukup sekitar ketinggian 30 cm kolam saja hingga 3 hari baru kolam diisi penuh air dengan maksud agar plankton dapat tumbuh di kolam sebagai makanan alami ikan lele nantinya.

Indukan untuk ikan lele
Pemilihan indukan ikan lele untuk budidaya anda yakni induk jantan dan induk betina, bagi anda yang memulai proses dari perkawinan ikan lele.

Pemijahan
Pada proses ini adalah proses perkawinan antara indukan jantan dan indukan betina yang telah anda pilih sebelumnya, dimana tanda indukan jantan siap kawin berupa alat kelamin ikan yang berwarna merah sedangkan untuk indukan betina ditandai dengan sel telur yang berwarna kuning. Dan perlu anda ketahui, sel telur yang telah dibuahi ikan lele akan menempel dan akan menetas dalam waktu sekitar 24 jam menjadi anakan ikan lele.

Pemindahan benih ikan lele
Benih ikan lele hasil pemijahan sebelumnya harus segera dipindahkan agar tidak menjadi makanan ikan lele dewasa, untuk pemindahannya yakni siapkan tempat penampungan berupa ember atau wadah lainnya dan diisi dengan air dari kolam yang sama dengan suhu yang sama, dan lakukan pemindahan pada malah hari untuk menimilisir perubahan suhu yang drastis untuk benih ikan lele yang sangat rentan akan perubahan suhu.

Pakan
Bagi benih ikan lele yang baru berusia 3-4 hari akan membutuhkan pakan alami berupa kutu air, plankton, jentik-jentik nyamuk, hingga cacing kecil adalah pakan terbaik, dan pada usia 3-4 hari benih ikan lele akan membutuhkan perhatian ektra dari anda dimana banyak biasa anakan ikan lele yang mati setelah benih disebarkan, sehingga dengan rajin mengawasi kemungkinan tersebut dapat menjadi lebih kecil.

Pembesaran
Proses pembesaran ini, dimana anda cukup menyiapkan kolam khusus pembesaran dengan pelindung berupa enceng gondok atau juga dapat berupa penutup plastik untuk menghindari ikan lele yang stress akibatnya tingginya suhu air dimana pada masa pembesaran ini, ikan lele siap diberi pakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Sekian ulasan kami Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula yang semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha yang menguntungkan dengan modal yang kecil ini, terima kasih.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai Tips Sukses Bercocok Tanam Kakao Dan Cokelat

Related posts

Leave a Comment