You are here
budidaya tanaman kakao Perkebunan 

Tips Sukses Bercocok Tanam Kakao Dan Cokelat

Sebagai negara agraris sudah sewajarnya budaya bercocok tanam tidak kita hilangkan. Karena, apapun yang terjadi dengan negara Indonesia, budaya bercocok tanam sudah pastinya harus melekat dengan kuat.

Bercocok tanam sendiri dapat kita lakukan dengan menanam apapun sebenarnya. Tidak harus padi kok, menanam tanaman apapun juga bisa dilakukan. Termasuk menanam cokelat dan kakao.

Mungkin tidak banyak yang tahu jika menanam kakao dan cokelat itu menyenangkan lagi mudah loh!. Karena itu akan sangat baik jika warga negara Indonesia mulai membudidayakan tanaman ini, supaya semakin banyak tanaman kakao dan cokelat di Indonesia dan semakin kaya negara Indonesia dengan tanaman kakao serta cokelat.

Ada satu hal lagi yang menarik dari tanaman kakao dan cokelat. Yang menarik adalah…

Omset yang besar akan kita dapatkan dari budidaya tanaman kakao dan cokelat. Pokoknya, kita tidak akan ada ruginya menanam tanaman ini.

Namun sebelum berbicara lebih jauh tentang omset, yang paling penting kita lakukan adalah bagaimana supaya kita dapat sukses bercocok tanam kakao dan cokelat.

Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang tips sukses bercocok tanam kakao dan cokelat? Simak informasinya berikut ini!

budidaya tanaman kakao
budidaya tanaman kakao via produknaturalnusantara.com

Tips Sukses Tanam Kakao dan Cokelat

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam menanam kakao dan cokelat. Hal penting yang harus diperhatikan ini diantaranya :

Penyiapan Tanah dan Bibit

Bibit dan tanah adalah hal pertama yang harus kita perhatikan dalam menanam kakao dan cokelat. Sebenarnya tidak hanya menanam kakao dan cokelat saja sih, tetapi menanam semua tanaman atau buah juga harus diperhatikan tanah dan bibitnya. Karena jika tidak tanaman kita tidak akan tumbuh maksimal dan berbuah lebat. Selain itu, kita juga harus memperhatikan..

Pemupukan dan Sanitasi Blok

Pemakaian pupuk tentunya harus disesuaikan dengan kondisi tanaman kakao dan cokelat yang kita tanam. Alangkah lebih baiknya jika kita menanam tanaman kakao dan cokelat dengan menggunakan pupuk alami karena tidak banyak mengandung bahan kimia

Selain itu, sanitasi blok juga penting dalam budidaya kakao dan cokelat. Dengan sanitasi kebersihan akan selalu terjaga dan tanaman bisa terhindar dari serangan hama serta penyakit.

Demikian sedikit informasi yang kami berikan sehubungan dengan Tips Sukses Tanam Kakao dan Cokelat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba budidaya tanaman kakao dan cokelat.

Baca juga artikel pertanian lainnya di Pak-Tani.Com : Terapkan Langkah Ini Untuk Bercocok Tanam Secara Hidroponik & Cara Perawatan Tanaman Jahe Di Kebun Sendiri

Related posts

Leave a Comment