You are here
Tips Ternak Bebek Petelur Peternakan 

Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar

Pak-Tani.com Salah satu usaha ternak yang saat ini paling banyak digemari oleh para pelaku usaha di Indonesia adalah usaha ternak bebek petelur yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Mengapa tidak, sebab permintaan pasar akan ketersediaan bebek selalu meningkat baik untuk daging maupun telur bebek karena kelezatan daging bebek yang saat ini banyak dilirik masyarakat yang enak dikelola menjadi banyak macam jenis kuliner serta telur bebek yang memiliki ukuran lebih besar dari ukuran telur ayam biasa.
Tips Ternak Bebek Petelur
Oleh karena itu, ternak bebek petelur banyak dilakukan oleh masyarakat peternak untuk panen keuntungan baik dari penjualan daging maupun telur bebek, sebab usaha ini juga membutuhkan modal yang relatif kecil dengan potensi keuntungan yang besar. Nah, bagi anda yang berminat menggeluti usaha ternak bebek petelur ini, berikut beberapa Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar agar memperoleh kesuksesan dalam beternak bebek petelur sebab tidak sedikit pula peternak bebek yang mengalami kerugian karena pengetahuan ternak yang minim.

Berikut langkah-langkah dan tips Ternak Bebek Petelur :

Lokasi Ternak Bebek Petelur
Pastikan lokasi yang anda pilih untuk beternak bebek petelur jauh dari pemukiman warga agar tidak mengusik warga sekitar dengan bau dan aktivitas anda dalam beternak.

Kandang Bebek Petelur
Untuk memulai ternak bebek petelur tentunya anda membutuhkan kandang yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah bebek petelur yang akan anda ternakkan. Adapun kandang bebek dapat di buat dari bahan bambu atau kayu. Adapun kandang yang harus anda siapkan adalah :

1. Kandang anakan/ box dengan berukuran 1×2 m untuk 50 ekor anakan
2. kandang brower untuk bebek usia produksi yang akan ditempati sepasang bebek jantan dan betina.
3. Kandang khusus yakni layar untuk bebek yang siap bertelur.

Bibit Bebek petelur
Pastikan anda memilih bibit bebek yang baik dan unggul serta tidak cacat, dimana bibit bisa berasal dari indukan maupun telur yang menetas. Jika anda memilih menggunakan bibit dari indukan, maka pilihlah indukan yang tidak cacat dan memiliki bulu yang mengkilap dan mulus.

Pemeliharaan Bebek Petelur
Untuk pemeliharaan, pakan bebek perlu menjadi perhatian anda dimana pakan bebek merupakan faktor penting kualitas telur dan daging bebek, maka dari itu berilah pakan ternak petelur yang menggandung nutrisi yang tingi serta kaya akan konsentrat. Anda juga dapat menambahkan vitamin yang dicampurkan atau disuntikkan pada pakan yang akan diberikan pada bebek.

Pastikan juga untuk selalu mengecek kebersihan kandang bebek untuk menghindari penyakit dan hal-hal lainnya yang dapat menggangu ternak bebek anda. Anda dapat membersihkan kandang bebek petelur dengan rutin setiap 2-3 minggu sekali agar kotoran dan limbah bebek tidak menumpuk dan mengganggu kesehatan bebek.

Sekian informasi kami mengenai Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin menggeluti usaha atau bisnis ternak bebek petelur ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Peluang Bisnis Ternak Ayam Petelur

Related posts

Leave a Comment