Tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik

Tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik

Posted on

Pak-Tani.com Semut Rangrang atau biasa juga disebut kroto akhir-akhir ini memiliki permintaan yang meningkat di kalangan para pelaku budidaya yang membutuhkan pakan kroto atau pakan semut rangrang untuk digunakan sebagai makanan untuk budidaya yang mereka lakukan seperti burung, ikan, dan sebagainya dimana semut rangrang dikenal sebagai makanan atau pakan yang mengandung nutrisi dan protein serta gizi yang baik untuk hewan ternak.
Tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik
Dengan tingginya permintaan akan persediaan semut rangrang dan dimana stok dari alam sudah tidak dapat diandalkan selain sulit juga dapat merusak keseimbangan alam, maka banyak pelaku usaha melirik ternak semut rangrang ini untuk memenuhi permintaan pasar yang tiap saat selalu meningkat dengan pesat. Banyak masyarakat melirik terak semut rangrang ini tidak terlepas dengan berbagai kemudahan beternak semut rangrang yang mudah, lahan atau lokasi seadanya, modal yang minim serta harga jual yang stabil. Akan tetapi walaupun tergolong mudah, banyak pelaku ternak semut rangrang ini mengeluh atau merugi akibat ternak semut rangrang yang stress, mati, dan sebagainya, maka dari itu berikut Tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik.

Dalam beternak semut rangrang, ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor kegagalan anda dalam beternak semut rangrang atau kroto ini seperti sulit bertelur, stress, dan lainnya. Berikut hal-hal yang harus anda hindari :

1.Suhu ruangan ternak semut rangrang yang panas
2.Rak ternak yang bercampur atau berbau bahan kimia
3.Makanan yang terbatas
4.Lingkungan area ternak yang ramai
5.Perawatan semut rangrang yang salah

Adapun tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik adalah :

Pemilihan Tempat Ternak Semut Rangrang
Dalam beternak semut rangrang maka usahakan agar suhu lokasi ternak anda agak dingin yakni 20 C hingga 26 C. Pastikan juga tempat ternak semut rangrang anda memiliki sirkulasi udara yang baik, fentilasi yang lancar serta cahaya matahari yang dapat masuk pada pagi hari yang baik untuk semut rangrang.

Selain itu, pemilihan lokasi tempat ternak semut rangrang juga penting dimana semut rangrang termasuk hewan yang mudah stress maka dari itu pilihlah lokasi tempat ternak yang jauh dari keramaian dan jauh dari jangkauan banyak orang atau anak kecil yang gemar mengganggu ketenangan semut rangrang yang anda ternakkan.

Jauhkan Bahan Kimia
Semut rangrang akan sangat tidak menyukai segala hal yang berbau dan berbahan kimia, maka dari itu pastikan semua bahan yang anda gunakan sebagai tempat semut rangrang jauh dari bahan kimia bahkan untuk disekitar tempat ternak anda.

Pakan Semut Rangrang
Pakan yang teratur dan berkala untuk semut rangrang sangat penting untuk keberhasilan ternak anda, dimana stok makanan dan minuman semut rangrang harus selalu diperhatikan. Jika terdapat makanan semut yang sudah basi, anda dapat segera menggantinya. Dan penting untuk mengingat ketika hendak membersihkan wadah atau tempat ternak semut rangrang agar tidak menggunakan sabun atau deterjen.

Memperhatikan Suplemen atau Vitamin
Semut rangrang juga membutuhkan vitamin atau suplemen yang baik untuk dapat berkembang biak dengan baik dan menghasilkan keturunan yang baik juga. Adapun vitamin dan suplemen untuk semut rangrang telah banyak beredar diberbagai toko peternakan dan pertanian. Tetapi anda juga dapat memberikan suplemen dan vitamin organik secara manual dari sumber makanan organik semut rangrang seperti jangkrik, cicak, ulat, dan sebagainya.

Sekian informasi kami mengenai Tips Ternak Semut Rangrang Yang Benar dan Baik. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin menggeluti usaha ternak semut rangrang ini agar ternak anda sukses dengan hasil yang menguntungkan. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Panduan Budidaya Kroto Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *