Header Ads

6 Teknik Budidaya Cabai Agar Meningkatkan Hasil Panen





<div class="taufik">
cara menanam cabai dan perawatannya telah kami coba dan telah terbukti dapat meningkatkan hasil panen. Teknik budidaya cabai ini telah diterapkan oleh para petani yang berada didesa BUMINABUNG, Lampung Tengah.

Cabai ini mempunyai nama latin Capsicum annum L  yang salah satu  masuk dalam
suku Solanaceae yang merupakan tanaman terong-terongan yang sangat  cocok ditanam
didaerah tropis dan subtropis. 
cabai tanaman dapat tumbuh di mana saja tetapi mereka lebih suka cerah, kondisi hangat. 

Cabai adalah salah satu tanaman yang paling indah untuk tumbuh, cabai juga  digunakan untuk bumbu dan rasanya yang tajam sangat digemari oleh masyarakat, dan dapat dibeli dengan mudah dipasar  tradisional, dan diwarung sayur.
cabai dibagi 2 macam yaitu cabai rawit dan cabai merah gede.

1. Tahap-Tahap Untuk Tumbuh Tanaman Cabai

A. Memilih Jenis Dan PH Tanah

media tanah yang cocok oleh tanaman cabai yaitu tanah yang mengandung bahan organik dan unsur zat hara tinggi, gembur, dan bersih dari gulma. Serta tanaman cabai dapat terkena sinar matahari tanpa ada tanaman tinggi yang menutupi lahan tersebut. tanaman cabai dapat tumbuh  maksimal pada PH normal yaitu 6-7. oleh karena itu sebaiknya rutin untuk  melakukan pengecekan tanah. apabila PH tanah asam atau dibawah 6, maka  sebaiknya segera melakukan penaburan Dolomite atau kapur pertanian agar  PH tanah kembali normal serta tidak terkena penyakit-penyakit yang dibawa oleh tanah, rentan terhadap penyakit akibat jamur, virus, atau bakteri.

B. Perkiraan  Kadar Iklim Atau Suhu

kelembaban udara yang cocok untuk budidaya cabai adalah rendah  dengan curah hujan 40-50 Mm perbulan dan suhu sekitar 25°C saat siang hari.

C. Mengolah Lahan

Tanaman cabai membutuhkan lahan yang gembur. Di bajak terlebih dahulu, setelahnya taburkan pupuk kandang/kompos beserta pupuk kimia. Pupuk kandang/kompos ini berguna tanaman menjadi subur. Apabila PH tanah asam/dibawah 6 segera memberi dolomite, atau kapur pertanian sehabis  itu ratakan tanah sampai merata selanjutnya,
PP
D. Pasang Drip Dan Mulsa

Memasangkan drip dan tutuplah olahan tersebut dengan mulsa.

E. Jarak Tanam cabai

Buat lubang dengan jarak 30-40 cm dengan lebar bedengan 3 m.

2. Persiapan Benih cabai

Jenis benih yang paling bagus untuk kita budidayakan yaitu benih unggul.
Agar  benih ini memiliki daya tumbuh yang baik tahan penyakit kriting.

3. Penyemaian Benih Cabai

Siapkan volibag dan basahi air secukupnya, lalu masukan benih setelah selasai tutuplah dengan daun pisang di lapisi terpal sampai rapat tidak ada ruang udara, mulai bibit kelihatan berkecambah lalu dibuka. Setelah bibit tumbuh disiram setiap pagi dan sore. Tutupi  plastik bening berserta bambu yang melengkung tertancap di tanah, agar telindungi embun dan curah hujan.

4. Cara Menanam cabai

Sekitar bibit cabai berumur 9-10 hari dan memiliki 3-4 helai daun, lalu pindahkan ke area lahan. Metode ini biasanya tanam di pagi hari/atau sore  hari. Sebelum/sesudah bibit di tanam siram lubang bedengan tersebut, untuk menjaga  kelebaban lahan. Cara menanam cabai yaitu volibag berisi bibit cabai dipindah kedalam lubang tanam, dan plastik volibag disobek tutup lubang  dengan tanah tipis hingga ujung pangkal bibit cabai.

5. Perawatan Dalam Budidaya cabai

Cara menanam cabai tidak terlepas dari metode perawatan yang maksimal agar hasil panen nantinya sesuai dengan harapan. ada beberapa perawatan tanaman cabai antara lain:

1. Lakukan pengairan setelah menanam 2 hari sekali.
2. Setelah tanam 1 minggu bila ada tanda-tanda penyakit segera penyemprotan secara  rutin.    
Setelah berumur 11 hari berilah pupuk kimia. Setelah berumur 25 hari ulangi pemupukan
kedua, bila sudah terlihat berbunga beri pemupukan kembali.

6. Tahap Panen

Setelah umur 60-80 hari cabai siap di panen dan cara memetik menggunakan tangan dengan di alaskan kaos tangan atau tangan, sisakan tangkai kurang lebih 3-5 cm dari pangkal buah, lalu tempatkan cabai ditempat yang sejuk/masukan kedalam karung dan tidak ditumpuk agar tidak busuk.

Demikian tadi tutorial singkat tentang cara menanam cabai yang dapat anda lakukan sendiri, maka lebih baik budidaya buah cabai untuk menambahkan penghsilan dan semoga bermanfaat.
</div>
<style>.taufik x{color:transparent;font-size:50%;font-weight:10;user-select:none;}</style>

1 comment:

  1. Mantap mantap.. sangat bermanfaat sekali !

    ReplyDelete

Silahkan komentar di bawah ini